Nasi Tradisional, hidangan utama favorit keluarga kraton

Minggu, 7 April 2013 15:19 Reporter : Kun Sila Ananda
Nasi Tradisional, hidangan utama favorit keluarga kraton Nasi Traditional bale Raos. ©2013 Merdeka.com/Destriyana

Merdeka.com - Bale Raos, sebuah restoran yang terletak di belakang Kraton YOgyakarta dikenal dengan hidangannya yang khas Kraton Yogyakarta. Salah satu menu yang direkomendasikan adalah Nasi Traditional Set.

Nasi traditional berisi variasi masakan pilihan yang disajikan dengan nasi merah putih berbentuk kerucut. Nasi merah yang digunakan asli berasal dari kawasan Wonosari. Beberapa masakan yang tergabung dalam nasi tradisional ini antara lain Gecok Ganem, Oseng Daun Pepaya, Tempe dan tahu bacem, serta lombok Kethok.

Gecok Ganem yang merupakan makanan favorit Sultan Hamengku Buwono IX berisi bakso sapi yang dikukus dengan kuah santan. Rasa daging sapi yang lembut dan kuah santan yang gurih akan memanjakan lidah Anda. Begitu juga dengan potongan cabe hijau dan merah yang menambah aroma dan rasa khusus di lidah.

Gecok Ganem

Sementara itu, Anda juga bisa memakan nasi dengan oseng daun pepaya kesukaan GKR Hemas. Selain rasa khas dari oseng yang gurih, uniknya daun pepaya dalam masakan ini sama sekali tak terasa pahit. Bagi Anda yang tak suka sayuran daun pepaya karena rasanya yang pahit, dijamin Anda akan menikmati masakan ini.

Lombok kethok yang merupakan makanan favorit Sultan Hamengku Buwono VII juga tak kalah lezat. Daging sapi yang dipotong dadu terasa sangat lembut dan mudah dipotong. Rasa rempah dan saus pedas manisnya juga sangat terasa.

Lombok Kethok, Tempe dan tahu bacem, serta Gecok Ganem

Semua masakan istimewa di atas, tak lengkap jika belum ditambahkan dengan tempe dan tahu bacem khas Kraton Yogyakarta. Dimakan dengan paduan nasi merah dan putih, traditional set ini dijamin akan membuat lidah Anda bergoyang.

Untuk mendapatkan satu set Nasi Traditional, Anda harus membayar Rp 40.000. Harga tersebut tentunya cukup bersahabat, mengingat Anda bisa mendapatkan empat macam masakan istimewa kegemaran keluarga kraton dalam satu menu.

Penasaran dengan kenikmatan masakan ini? Datang ke Bale Raos dan coba sendiri! [kun]

Topik berita Terkait:
  1. Kuliner Indonesia
  2. Wisata Kuliner
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini