Museum ini didedikasikan untuk hubungan cinta yang gagal

Kamis, 6 Februari 2014 13:27 Reporter : Destriyana
Museum ini didedikasikan untuk hubungan cinta yang gagal Museum of Broken Relationships. ©2014 Merdeka.com/wanderingearl.com

Merdeka.com - Jika dilihat dari namanya, Anda pasti sudah bisa menebak isi dari museum ini. Museum of Broken Relationships adalah sebuah museum di Zagreb, Kroasia, yang didedikasikan untuk hubungan cinta yang gagal.

Museum ini memamerkan barang-barang dari dari mantan kekasih, yang juga disertai dengan penjelasan singkat di bawahnya. Saking uniknya, Museum of Broken Relationships bahkan pernah menerima Kenneth Hudson Award, yang diberikan oleh European Museum Forum (EMF), sebagai museum paling inovatif di Eropa pada tahun Mei 2011.

Museum ini didirikan oleh dua seniman dari Zagreb, Kroasia, yakni Olinka Vistica yang berprofesi sebagai produser film, dan Drazen Grubisic yang bekerja sebagai pematung. Setelah hubungan cinta yang mereka jalani selama 4 tahun berakhir pada 2003, tercetus ide untuk membuat museum yang berisi barang-barang pribadi mereka.

Tiga tahun kemudian, Drazen kembali menghubungi Olinka untuk mewujudkan ide mereka. Mereka kemudian meminta teman-teman mereka untuk menyumbangkan barang-barang yang tersisa dari mantan. Untuk pertama kalinya pada tahun 2006, Museum of Broken Relationships dibuka untuk umum.

broken relationships

Photo by farm9.staticflickr.com

broken relationships

Photo by wanderingearl.smugmug.com

Kemunculan museum ini tidak hanya mendorong adanya diskusi dan refleksi tentang kerapuhan hubungan manusia, tetapi juga tentang keadaan politik, sosial, dan budaya. Tertarik untuk mengunjunginya? [des]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Travel
  3. Museum
  4. Putus Cinta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini