Merica ternyata ampuh untuk atasi ketombe?

Selasa, 18 November 2014 19:38 Reporter : Tantri Setyorini
Merica ternyata ampuh untuk atasi ketombe? Ilustrasi merica. ©Shutterstock.com/Oliver Hoffmann

Merdeka.com - Bingung cara mengatasi ketombe yang membandel? Sudah coba berbagai bahan tetapi ketombe tak kunjung hilang? Mungkin ini saatnya kamu mencoba merica.

Menurut situs kecantikan Style Craze merica hitam merupakan bahan alami yang efektif untuk mengatasi ketombe. Mau tahu kenapa?

Ternyata merica mengandung zinc dan selenium yang bersifat anti jamur. Ini ampuh untuk menangkal dan mengatasi ketombe yang disebabkan karena jamur. Selain itu sifat panas dalam merica manjur untuk membersihkan ketombe dari kulit kepala.

Mau coba obat ketombe alami dari merica? Coba dua resep dari Style Craze dan Five Remedies berikut.

1. Untuk ketombe ringan

Bahan:

-2 sdm merica

-1 cangkir yogurt tawar

Cara membuat:

TUmbuk merica hingga halus. Setelah itu campurkan dengan yogurt tawar. Aplikasikan pada kulit kepala. Tidak perlu dipijat. Diamkan selama setengah jam hingga satu jam. Setelah itu keramas seperti biasa.

2. Untuk ketombe parah

Bahan:

-1 sdm bubuk merica murni

-1 sdm bubuk kunyit

Cara membuat:

Campurkan bubuk merica dan bubuk kunyit dengan satu sendok air. Aplikasikan pada kulit kepala. Tidak perlu dipijat. Diamkan selama setengah jam hingga satu jam. Setelah itu keramas seperti biasa.

Karena kunyit juga memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang kuat, bahan ini cocok dicampurkan dengan merica untuk mengatasi ketombe yang parah.

Yang perlu kamu perhatikan, jangan terlalu lama mendiamkan campuran merica di kulit kepala untuk mencegah iritasi karena sifat panasnya. Selamat mencoba. [tsr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini