Merasakan kesegaran air Adem Semar di Kawah Candradimuka

Reporter : Ya'cob Billiocta | Senin, 19 Desember 2016 12:18
Merasakan kesegaran air Adem Semar di Kawah Candradimuka
Adem Semar. ©2016 Merdeka.com/Ya'cob

Merdeka.com - Kepopuleran air Adem Semar yang berada di kawah Candradimuka, Dieng, Banjarnegara, Jateng, sudah mendunia.

Namun bagi anda yang belum mengetahuinya, air yang mancur dari perut bumi ini disakralkan dan dijadikan ngalap berkah atau mencari berkah oleh sejumlah orang.

"Pedagang toko-toko itu ambil air sini mas, bahkan ada yang dari Malaysia. Air ini dipercaya bisa memudahkan rezeki, cepat dikabulkan keinginannya," ujar penjaga Kawah Candradimuka, Nuruddin kepada merdeka.com.

Posisi air Adem Semar berada di sebelah kanan kawah. Airnya tak pernah habis, mengalir dari arca Anoman berukuran kecil yang berada di dasar tebing.

Terlepas dari cerita yang disampaikan Nuruddin, saya meminum dan membasuh muka pakai air Adem Semar untuk mengobati rasa penasaran. Airnya begitu segar, tiga kali tegukan membuat tenggorokan adem.

Selain dipakai warga ngalap berkah, air Adem Semar juga digunakan Keraton Surakarta, Ngayogyakarta dan Cirebon untuk jamasan pusaka.

"Kalau 1 Suro ramai, tiga Keraton, Surakarata, Jogja dan Cirebon ke sini ambil air untuk acara 1 Suro. Nyuci keris pusaka di sini," tutur Nuruddin.

[hrs]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# JELAJAH MERDEKA

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE