Menurut penelitian, ini alasan orang kelewat pintar susah dapat pacar

Jumat, 26 Oktober 2018 11:32 Reporter : Tantri Setyorini
Menurut penelitian, ini alasan orang kelewat pintar susah dapat pacar Ilustrasi wanita berkacamata. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Katanya cowok cerdas itu keren. Perempuan pintar itu seksi. Tapi, mereka yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata kok malah sulit mendapatkan pasangan? Belakangan malah ada yang bilang "Jadi cewek jangan terlalu pinter, cowok jadi grogi."

Dilansir Times of India (25/10), penelitian yang dilakukan di University of Western Australia melihat berbagai faktor yang membuat seorang pasangan tampak menarik. Kepintaran atau kecerdasan bukanlah faktor yang berada di paling atas.

Dua ratus orang dewasa muda disurvei dalam penelitian yang dipublikasikan di British Journal of Psychology tersebut. Mereka diberi pertanyaan tentang karakteristik yang paling dilihat dalam pasangan mereka. Karakteristik tersebut adalah kecerdasan, mudah bergaul, kebaikan, dan daya tarik fisik.

Ilustrasi wanita berkacamata 2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Ijansempoi


Kemudian, mereka ditanya bagaimana jika pasangan mereka memiliki kecerdasan yang membuatnya menjadi lebih pintar dari manusia kebanyakan, paling tidak hingga 99 persen populasi. Pertanyaan tersebut juga ditanyakan untuk tiga ciri kepribadian lainnya.

Dari studi tersebut, para peneliti menemukan bahwa terlalu cerdas dan mudah bergaul bukanlah karakteristik yang paling dicari.

Ilustrasi pasangan 2018 Merdeka.com/Pixabay


Para peneliti tersebut mengacu pada studi yang dilakukan sebelumnya. Dalam studi tersebut disimpulkan bahwa orang yang sangat cerdas bisa menyebabkan rasa tidak aman yang lebih tinggi pada pasangannya. Hal tersebut membuat pasangan jadi kurang tertarik.

Selain itu, terlalu mudah bergaul atau terlalu santai juga menunjukkan kurangnya ambisi atau kepercayaan diri.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa wanita lebih menghargai kebaikan dan kecerdasan dari seorang pria. Namun perbedaannya secara keseluruhan tidak signifikan.

Reporter: Giovani Dio Prasasti
Sumber: Liputan6.com [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini