Mengenal Kaesong, Kota di Korea Utara yang Punya 12 Situs Budaya UNESCO

Rabu, 29 Juli 2020 15:35 Reporter : Tantri Setyorini
Mengenal Kaesong, Kota di Korea Utara yang Punya 12 Situs Budaya UNESCO Kaesong, Korea Utara. ©Flickr/(stephan)

Merdeka.com - Jika berbicara soal pariwisata, barangkali Korea Utara kalah pamor dari Korea Selatan. Namun negara pimpinan Kim Jong-un juga bukannya tak punya daya tarik bagi turis. Tak sedikit pecinta traveling dari negara lain yang tertarik mengunjungi Korea Utara justru karena misteriusnya negara tersebut.

Tujuan wisata populer di Korea Utara adalah Pyongyang. Namun Kaesong pun menyimpan pesona tersendiri. Atas perintah Kim Jong-un, baru-baru ini kota itu ditutup total untuk mencegah persebaran virus Covid-19.

Kota Bersejarah nan Kaya Warisan Budaya

makam raja gongmin di kaesong

©Wikimedia Commons/David Stanley

Kaesong memang nama yang kurang akrab bagi wisatawan. Namun bagi Korea Utara, Kaesong merupakan kota bersejarah dengan banyak peninggalan penting. Sempat menjadi ibukota kerajaan di masa Dinasti Taebong dan Goryeo sejak 918 sampai 1392, kini Kaesong merupakan rumah bagi situs warisan dunia UNESCO.

Dilansir dari laman resmi UNESCO dan World Heritage Site, ada sekitar 12 peninggalan bersejarah di kota tersebut yang masuk ke Situs Budaya UNESCO pada 2013. Salah satunya adalah Jembatan Sonjuk dan makam Raja Gongmin. Status warisan dunia itu diberikan sebagai perwujudan nilai-nilai politik, budaya, filosofis, dan spiritual dari Kerajaan Goryeo di Korea Utara.

Baca Selanjutnya: Pusat Industri Makanan Ringan Korut...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Travel
  3. Korea Utara
  4. Ragam Konten
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini