Mengenal Asta Kosala Kosali, Konsep Tata Letak Bangunan Mirip Fengshui dari Bali

Selasa, 23 Februari 2021 19:21 Reporter : Tantri Setyorini
Mengenal Asta Kosala Kosali, Konsep Tata Letak Bangunan Mirip Fengshui dari Bali Ilustrasi Bali. ©Unpslash/Artem Beliaikin

Merdeka.com - Sebagai primadona wisata, Bali terkenal berkat dua hal. Pemandangan yang indah dan tradisi yang kaya dan terpelihara. Bicara soal tradisi, tentunya tak lepas dari kehidupan sehari-hari masyarakat pulau dewata yang penuh dengan nilai filosofis. Hal ini juga terlihat dari arsitektur rumah adat.

Rumah adat bagi warga Bali bukan sekadar hunian. Mereka membangunnya dengan konsep tata letak yang disebut Asta Kosala Kosali. Secara garis besar, konsepnya mirip dengan fengshui di kebudayaan Tionghoa.

Asta Kosala Kosali juga mengatur tata cara dan tata bangunan untuk rumah tinggal atau tempat beribadah yang didasarkan pada Sembilan Penguasa (Nawa Sanga) di setiap penjuru mata angin dengan Dewa Siwa sebagai titik pusatnya.

Bila kita menengok ke dalamnya, pada umumnya arsitektur rumah tradisional Bali ini selalu dipenuhi hiasan seperti patung. Warga Bali memproduksi sendiri berbagai perlengkapan yang juga digunakan untuk ritual keagamaan mereka.

Baca Selanjutnya: Keseimbangan Delapan Elemen di Dalam...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Arsitektur Unik
  3. Ragam Konten
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini