Mengenal Argan Oil dan Manfaatnya untuk Kulit Berjerawat

Selasa, 26 November 2019 14:35 Reporter : Tantri Setyorini
Mengenal Argan Oil dan Manfaatnya untuk Kulit Berjerawat Ilustrasi argan oil. ©Shutterstock

Merdeka.com - Anda yang kerap mencoba produk skincare dan haircare mungkin sudah tak asing lagi dengan argan oil. Minyak nabati ini kerap dimasukkan ke dalam produk perawatan kulit maupun rambut, karena khasiat melembapkan yang dimilikinya.

Lalu apakah sebenarnya argan oil itu? Apakah khasiat utamanya selain melembapkan rambut dan kulit? Berikut ini pembahasan singkatnya seperti dilansir situs Dr.Axe.

1 dari 3 halaman

Mengenal Argan Oil

Menurut jurnal yang dipublikasikan di US National Library of Medicine National Institutes of Health, argan oil didapat dari biji pohon argan atau Argania spinosa L.

Minyak nabati ini hanya ditemukan di Maroko, namun penggunaannya justru lebih populer di negara-negara lain. Sudah sejak lama argan oil dimanfaatkan untuk membantu mengobati infeksi kulit, gigitan serangga, dan ruam.

Saat ini argan oil kembali populer, digunakan di dalam produk perawatan kecantikan untuk pria maupun wanita.

2 dari 3 halaman

Kandungan Argan Oil

Ilustrasi argan oil. ©Shutterstock

Menurut sebuah artikel ilmiah yang dipublikasikan di Alternative Medicine Review, argan oil kaya vitamin A dan E. Selain itu juga diperkaya antioksidan, asam lemak Omega-6, dan asam lemak Omega-9.

Tergantung sumbernya, argan oil bisa mengandung 35-40 persen asam lemak Omega-6 dan 42-48 persen Omega-9. Keduanya bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi jerawat.

3 dari 3 halaman

Manfaat Argan Oil untuk Kulit Berjerawat

Hasil penelitian menunjukkan argan oil yang dioleskan pada kulit bermanfaat meredakan inflamasi sekaligus melembapkan. Karena alasan itulah minyak nabati ini kerap digunakan sebagai carrier oil buat pengobatan jerawat.

Asam lemak Omega-6 akan meringankan inflamasi dan mengobati jerawat sembari meningkatkan kelembapan kulit. Sementara Omega-9 akan meningkatkan daya serap kulit terhadap nutrisi.

Sebagai tambahan, argan oil juga bersifat non-comedogenic, sehingga tidak berpotensi menyumbat pori-pori.

Demikian penjelasan singkat mengenai argan oil dan manfaatnya untuk kulit. [tsr]

Baca juga:
Masker Jeruk Nipis dan Madu untuk Atasi Jerawat
Ramuan Masker Kacang Hijau untuk Wajah Berjerawat
Tips-Tips Diet yang Ampuh untuk Atasi Masalah Jerawat

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini