Mengenal 2 Jenis Kurma Paling Istimewa, Ruthob dan Ajwah

Selasa, 14 Mei 2019 06:00 Reporter : Tantri Setyorini
Mengenal 2 Jenis Kurma Paling Istimewa, Ruthob dan Ajwah Grand opening Lawang Agung Malang. ©2015 Merdeka.com/Tantri Setyorini

Merdeka.com - Kalau ada buah yang identik dengan Ramadan, mungkin buah kurma jawabannya. Buah yang satu ini sangat disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka, sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Kurma memiliki banyak jenis. Masing-masing memiliki penampilan, tekstur, dan rasa yang berbeda. Kali ini kita akan belajar mengenal dua jenis kurma yang disebut-sebut paling istimewa, yaitu kurma ruthob dan kurma ajwah. Sekalian mengenal khasiat masing-masing bagi manusia.

1 dari 4 halaman

Ajwah, Kurmanya Nabi

Bagi masyarakat Indonesia, kurma ajwah termasuk salah satu oleh-oleh wajib dari tanah suci. Kurma ini juga dikenal sebagai kurma Nabi. Namanya diambil dari sahabat Rasul, sahabat Salman Alfarisi yang bernama Ajwah.

Kurma ajwah memiliki ciri khas berupa ukuran yang lebih kecil dan bentuk sedikit bulat. Warnanya sangat pekat cenderung hitam. Sementara daging buahnya agak kering dan memiliki rasa manis yang legit.

2 dari 4 halaman

Kurma Ajwah Penangkal Racun dan Sihir

Jenis kurma yang satu ini dipercaya paling ampuh untuk menangkal racun dan sihir. Hadits H.R. Bukhari dan Muslim menyebutkan kalau Rasulullah pernah bersabda,

"Barangsiapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu dia tidak akan terkena racun maupun sihir."

3 dari 4 halaman

Ruthob, Kurma Muda Hadiah Allah SWT untuk Kaum Wanita

Ruthob atau ruthab adalah kurma muda yang disebut-sebut sebagai anugerah Allah SWT khusus bagi para wanita. Tak heran jika harganya cukup mahal, antara Rp 250.000 sampai Rp 360.000 tiap satu kilogram.

Kurma ruthob ada yang berwarna merah, hijau, dan kuning, tergantung jenis kurmanya. Teksturnya masih renyah layaknya tomat mentah, tidak seperti kurma matang yang sudah lembek dan sedikit liat. Sementara rasanya tidak terlalu manis dan ada sedikit sepat seperti buah sawo.

4 dari 4 halaman

Kurma Ruthob untuk Kesuburan Wanita, Kelancaran Persalinan, dan ASI

Kurma Ruthob dipercaya bisa meningkatkan kesuburan bagi wanita. Konon, Allah SWT memerintahkan al-'Azra, ibu Maryam untuk menyantap kurma ruthob pada saat nifas. Menurut Alif Kurma, ternyata kurma ruthob mengandung hormon biostin yang akan membantu agar tidak terjadi pendarahan pada rahim saat proses melahirkan. Buah ini kaya akan berbagai mineral penting yang baik untuk meningkatkan kesuburan pada wanita.

Baik juga untuk produksi ASI bagi ibu menyusui dan pertumbuhan anak. Manyantap 7 butir setiap pagi dan dibarengi dengan 1 sendok makan madu organik, katanya bisa meningkatkan kesuburan secara signifikan.

Demikian informasi singkat mengenai kurma ruthob dan ajwah, dua jenis kurma yang disebut-sebut paling istimewa. [tsr]

Baca juga:
Kebersamaan Komunitas Muslim Tionghoa Indonesia Sajikan Menu Berbuka Puasa
Berburu Kolang-kaling Selama Ramadan
Ramadan, Permintaan Cincau Hitam Melonjak 3 Kali Lipat
Nikmatnya Suasana Buka Puasa Bersama di Sejumlah Negara
Berburu Takjil di Jalan Panjang Kelapa Dua

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini