Menara Eiffel Bambu di Tengah Rawa Pening Jadi Wisata Instagramable Baru Semarang

Jumat, 4 September 2020 02:06 Reporter : Tantri Setyorini
Menara Eiffel Bambu di Tengah Rawa Pening Jadi Wisata Instagramable Baru Semarang Menara Eiffel dari Bambu di Radesa, Tuntang, Semarang. ©Instagram.com/anggarawepe

Merdeka.com - Sekarang kalau mau berfoto dengan latar Menara Eiffel tak perlu terbang ke Paris dulu, lho. Pasalnya Indonesia juga punya replika menara kebanggaan Prancis itu. Salah satunya berada di tengah Rawa Pening, Semarang, Jawa Tengah.

Bukan dari metal, Menara Eiffel di spot wisata favorit baru ini berbahan bambu petung. Material itu diperoleh dari wilayah Kabupaten Semarang, lokasi Radesa Wisata Desa Tuntang tempat menara didirikan.

"Ini untuk menunjukkan kepada dunia bahwa dari kekayaan SDA kita, khususnya bambu, kita juga bisa mendunia jika dikerjakan dengan baik dan dengan keahlian khusus. Bahkan jauh lebih indah dari Eiffel yang asli karena di tengah kota, ini di tengah rawa," ujar CEO dan founder Radesa Wisata dan The Green Farm, Didik Setiawan, kepada Liputan6.com.

Proses pembuatan menara kurang lebih memakan waktu delapan bulan. Banyak pihak yang terlibat, seperti tenaga ahli bambu, Bumdes Tuntang Sejahtera, PLN Peduli, pemuda karang taruna setempat, dan alumni pondok pesantren. Sebelum dibangun, eceng gondok yang banyak mengapung di Rawa Pening dibersihkan terlebih dulu.

Bambu dipilih yang berkualitas terbaik. "Bambu yang baik yang sudah melalui pengawetan, dipotong di hari tertentu, tidak cacat, tebal, dan diameter yang lebih dari rata-rata," kata Didik.

Ia mengatakan Menara Eiffel dari Desa Tuntang dikerjakan dengan sistem panel. Dengan begitu, bagian yang rusak atau kurang baik bisa langsung diganti tanpa harus merubuhkan seluruh menara.

"(Ketahanannya) memang tidak lama. Jika perawatan baik, bisa tiga sampai empat tahun," ungkapnya.

Menara Eiffel bambu itu menjadi penambah daya tarik desa wisata yang dikelola warga setempat. Menara tersebut menjadi proyek pembuatan replika pertama yang dikerjakan. Ia berencana akan menambah replika lainnya di masa mendatang.

Baca Selanjutnya: Paket Wisata yang Ditawarkan...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Travel
  3. Objek Wisata
  4. Lokasi Wisata
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini