Makin Dilarang Makin Penasaran, Begini Cara Cegah Kucing Menaiki Tangga

Selasa, 4 Mei 2021 13:00 Reporter : Iwan Tantomi
Makin Dilarang Makin Penasaran, Begini Cara Cegah Kucing Menaiki Tangga ©Shutterstock

Merdeka.com - Membayangkan kucing menaiki tangga yang cukup tinggi membuatmu selalu cemas dan khawatir hewan peliharaanmu bakal jatuh. Bahkan tak jarang anabulmu bisa naik hingga puncak tangga dan mengeong minta diturunkan, yang terus diulang-ulang. Merupakan bagian dari insting alami kucing yang senang menghabiskan waktu di tempat yang tinggi, ada beberapa cara untuk mengajarkan batasan pada hewan peliharaanmu.

Sediakan Cat Tree

muezza baru
©shutterstock

Puaskan keinginan kucing untuk memanjat dan duduk di tempat yang tinggi dengan menyediakan cat tree atau tower. Pilih yang dilengkapi beberapa tempat untuk bersantai di ketinggian, sehingga anabulmu tetap dapat mengamati sekitarnya, tanpa harus menaiki tangga. Sesuaikan juga dengan ruangan yang ada, misalnya rak-rak yang dipasang langsung di tembok bisa jadi alternatif untuk menyaisati keterbatasan ruang.

Letakkan Bahan yang Tidak Disukai

muezza baru
©shutterstock

Tips yang satu ini berbeda untuk setiap kucing karena memanfaatkan tekstur yang tidak disukainya. Letakkan keset yang kasar, alas karet, atau selotip dua sisi di anak tangga pertama dan kedua, untuk meninggalkan sensasi kurang nyaman pada kaki anabul. Saat hewan peliharaanmu mencoba menaiki tangga, akan langsung membatalkan niatnya.

Berikan Kejutan

muezza baru
©shutterstock

Solusi lainnya, berikan kejutan pada kucing saat melihat anabulmu sedang bersiap-siap untuk menaiki tangga. Gunakan kaleng kosong yang diisi dengan koin, tiup peluit, atau semprotkan botol berisi air untuk menghentikan langkahnya. Lakukan secara konsisten setiap kali melihat anabul sedang beraksi, dan pada akhirnya akan berhenti menggunakan tangga untuk menghindari konsekuensi yang tidak menyenangkan.

Gunakan Aroma yang Dibenci Kucing

muezza baru
©shutterstock

Selain memberikan kejutan, manfaatkan aroma yang tidak disukai kucing. cara ini tergolong efektif dalam jangka waktu pendek, dengan harga yang cukup terjangkau. Bisa menggunakan produk yang dijual di petshop, Semprotan beraroma jeruk, minyak esensial dari bunga, atau semudah menaburkan kulit lemon atau jeruk di tangga.

Selain cara-cara pencegahan di atas, jangan lupa untuk memberikan treat jika kucing mengikuti arahanmu agar tidak menaiki tangga. Bisa berupa pujian, belaian, atau treat kesukaan anabulmu, seperti Muezza yang punya 4 varian rasa yaitu Tuna Flavor, Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, dan Salmon Flavor.

muezza baru
©Muezza

Bukan hanya aroma dan rasanya saja yang bikin kucingmu berselera makan, tapi kandungan nutrisinya juga membantu menjaga kesehatannya. Dibuat dari bahan alami, brand makanan kucing kering ini diolah dengan teknologi modern tanpa penambahan bahan sintetik.

Selain terjamin sehat, Muezza juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Kini, pemilik kucing jadi lebih leluasa memberikan cat food, mencari lokasi penyimpanan, membawanya bepergian, atau mencuci piring makan dan mainan yang terkena liur kucing. Tersedia di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia, dapatkan cat food terbaik dari Muezza tanpa harus keluar rumah. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia [tmi]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Kucing
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini