KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Lebih nyaman dengan 10 cara cepat memanjangkan rambut yang tepat

Selasa, 19 April 2016 01:00 Reporter : Dwi Ariyani
Lebih nyaman dengan 10 cara cepat memanjangkan rambut yang tepat. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Memiliki rambut panjang dan indah ala penyanyi Raisa memang menjadi dambaan bagi kebanyakan kaum perempuan. Selain memberikan kesan feminin dan anggun, potongan rambut panjang juga lebih mudah untuk ditata dalam berbagai gaya rambut. Kamu bisa kok mempercepat pertumbuhan rambut panjang, dengan beberapa trik sederhana ini.

1. Pahami Siklus Tumbuhnya Rambut

Sebelum mencoba bebagai cara memanjangkan rambut dengan cepat, coba pahami terlebih dahulu bagaimana rambut kita tumbuh. Pertumbuhan rambut memiliki 3 tahap, yaitu anagen, katagen, dan telogen. Tahap anagen adalah tahap pertumbuhan, dan biasanya berlangsung antara dua sampai enam tahun.

Tahap katagen datang setelah fase anagen, dan merupakan tahap transisi atau pembaharuan untuk folikel rambut. Terakhir, fase telogen adalah fase istirahat, di mana rambut berhenti tumbuh. Dalam setahun, rambut manusia tumbuh rata-rata sekitar enam inci.

2. Bantu dengan Diet Sehat dan Seimbang

Kesehatan rambut, seperti anggota tubuh lainnya, tergantung pada makanan yang dikonsumsi. Sementara sampo dan kondisioner menjadi cara perawatan rambut yang penting, itu bukan satu-satunya persyaratan. Rambut sebagian besar terdiri dari protein, dan dengan demikian memerlukan protein untuk tumbuh sehat dan cantik. Oleh karena itu, lengkapi menu sehari-hari dengan mengonsumsi makanan sebagai cara alami memanjangkan rambut, seperti sayuran berdaun, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan ayam.

3. Rajin Pijat Kulit Kepala

Melakukan pemijatan di kulit kepala secara teratur menggunakan minyak kelapa, menjadi cara memanjangkan rambut secara alami. Selain membuatmu merasa rileks, cara ini juga membantu merangsang sirkulasi darah dan melembapkan rambut, dimana minyak kelapa bertindak sebagai kondisioner rambut alami.

4. Batasi Menyisir Rambut

Menurut mitos yang beredar, rahasia untuk rambut panjang dan berkilau adalah dengan menyisirnya tanpa henti. Hal ini ada benarnya, menyisir rambut dapat merangsang kulit kepala, melepaskan minyak alami, dan membantu menyebarkan minyak di sepanjang helai rambut. Tapi untuk memastikan cara memanjangkan rambut secara alami ini bebas dari kerusakan, sisir rambut dengan lembut dan dalam kondisi kering.

5. Turunkan Tingkat Stres

Tingkat stres yang tinggi merupakan penyebab rambut rontok, dan menjadi penghalang dalam cara memanjangkan rambut dengan cepat. Pastikan rambut memanfaatkan tahap anagen untuk tumbuh, dengan mendapatkan setidaknya delapan jam tidur setiap hari, dan melakukan rileksasi. Pilih kegiatan yang sederhana dan dapat dilakukan kapan dan dimanapun, seperti membaca buku atau mendengarkan musik favorit.

6. Suplemen Pertumbuhan Rambut

Sebelum meminum suplemen sebagai cara cepat memanjangkan rambut, konsultasikan dengan spesialis untuk menemukan suplemen terbaik bagi rambutmu. Untuk membantu mencapai masa pertumbuhan rambut optimal, manfaatkan berbagai suplemen yang mengandung biotin dan multivitamin.

7. Masker Rambut Alami

Salah satu cara alami memanjangkan rambut adalah menggunakan masker rambut alami, dengan memanfaatkan bahan-bahan yang banyak tersedia di dapur. Dari madu dan lemon, ke alpukat dan minyak zaitun, ada banyak pilihan yang akan melembabkan rambut, membuatnya halus, dan memungkinkannya untuk tumbuh secara maksimal.

8. Lindungi Rambut

Cara cepat memanjangkan rambut secara alami lainnya adalah dengan memastikan rambut tertutup ketika meninggalkan rumah, terutama dalam kondisi udara kering atau lingkungan berdebu. Lindungi rambut dengan menggunakan scarf atau topi, sehingga kelembapan rambut tetap terjaga.

9. Aplikasikan Kondisioner

Seringkali, penggunaan kondisioner banyak dilewatkan untuk menghemat waktu mencuci rambut. Padahal kondisioner wajib dimanfaatkan sebagai cara cepat memanjangkan rambut lho. Tidak hanya membantu menggantikan lemak dan protein rambut, tapi juga menyegel kutikula yang membantu rambut tumbuh lebih panjang.

10. Kurangi Penggunaan Cat Rambut

Sebagian besar pewarna rambut mengandung amonia, yang merupakan pemutih dalam berbagai industri. Hal ini dapat membuat rambut kering dan rusak. Penggunaan yang berlebihan dari cat rambut dapat menyebabkan rambut rontok parah, dengan merusak folikel rambut. Kurangi kebiasaan mengubah warna rambut, untuk mendapatkan rambut panjang impianmu.

Nah sederhana dan mudah kan cara-cara memanjangkan rambut dengan cepat ini. Lakukan secara rutin untuk memiliki rambut panjang, sehat, dan tentunya juga cantik. [aik]

Topik berita Terkait:
  1. Cara Memanjangkan Rambut

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.