Kurangi 2 jenis makanan ini jika ingin ketombe bandel lenyap

Kamis, 19 Oktober 2017 17:09 Reporter : Tantri Setyorini
Kurangi 2 jenis makanan ini jika ingin ketombe bandel lenyap Ilustrasi makanan manis. Shutterstock/BlueSkyImage

Merdeka.com - Munculnya ketombe di kulit kepala bisa disebabkan karena berbagai hal. Mulai dari jamur, penyakit kulit, hingga stres. Sementara bagi beberapa orang ketombe bisa dipicu oleh makanan. Karena itu masuk akal jika makanan-makanan yang bisa mendatangkan si putih tersebut dikurangi atau malah dihindari sama sekali.

Dilansir The Science of Eating, ada dua jenis makanan yang bisa saja menjadi biang keladi ketombe, yaitu:

Makanan tinggi kandungan gula

Ilustrasi makanan manis © Picjumbo

Makanan dengan kandungan gula yang tinggi akan meningkatkan kadar gula dalam darah dan menjadikan ketombe semakin parah. Hal ini terjadi kepada cukup banyak orang. Pasalnya gula akan memberi nutrisi bagi jamur Candida untuk berkembang biak di kulit kepala dan bagian-bagian tubuh lainnya.

Selain itu, gula juga membuat tubuh sulit menyerap vitamin B kompleks. Padahal vitamin-vitamin ini merupakan komponen penting untuk menghindari produksi ketombe.

Makanan penyebab alergi

Ilustrasi produk olahan susu Shutterstock/Silberkorn

Setiap orang memiliki alergi yang berbeda. Dan bukan tidak mungkin reaksi alergi muncul dalam bentuk ketombe. Mengeliminasi satu per satu makanan yang 'dicurigai' bisa dilakukan untuk mengetahui makanan apa yang tidak cocok untuk tubuh dan kulit kepala kita. Bisa jadi produk olahan susu, gorengan, gula, atau justru makanan lainnya yang memicu ketombe.

Selain menghindari kedua jenis makanan di atas, ada baiknya kalau kamu juga mulai memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung seng (zinc), vitamin B kompleks, dan lemak sehat. Karena pada akhirnya, nutrisi yang baik bisa mengatasi hampir segala masalah yang terjadi pada tubuh dari dalam. [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. Ketombe
  2. Top List
  3. Wanita Merdeka
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini