Kulit wajah sensitif? Ini cara merawatnya

Kamis, 28 Mei 2015 07:07 Reporter : Sociolla.com/Aulia Fitrisari/
Kulit wajah sensitif? Ini cara merawatnya Merawat kulit sensitif. ©Sociolla.com

Merdeka.com - Memiliki tipe wajah sensitif mendorong Anda harus lebih berhati-hati dan teliti sebelum membeli produk perawatan kecantikan. Reaksi yang terhitung cepat terhadap suatu produk, misalnya kulit memerah, timbul jerawat, bahkan iritasi biasanya akan menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan. Rawat kulit Anda yang rentan agar terhindar dari masalah kulit.

1. Baca Labelnya
Daripada menerka-nerka, Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup dahulu mengenai kandungan di dalam produk kecantikan. Hindari formula pemicu alergi di wajah seperti pewangi buatan, benzoyl, peroxide, retinols dan PABA. Kandungan bahan alami atau organik biasanya lebih aman untuk digunakan pemilik wajah sensitif.

2. Coba Sebelum Membeli
Anda tentu tak ingin terlanjur membeli produk yang menyebabkan gatal atau perih di kemudian hari. Kondisi kulit sensitif yang ditunjukkan dari respon berlebihan terhadap bahan kosmetik dapat dicegah dengan mencoba produk sebelum membeli. Aplikasikan produk perawatan kecantikan atau produk kosmetik di bagian belakang telinga, lalu tunggu reaksinya setelah 24 jam. Jika ada tanda- tanda iritasi, sebaiknya batalkan pembelian. Anda tentu tak bisa melakukan cara mencoba ini untuk perawatan kecantikan yang menggunakan teknologi. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kondisi kulit dengan dokter sebelum mengambil tindakan.

3. Less is More
Wajib selektif dalam melakukan perawatan kecantikan. Anda tak perlu mengikuti semua rutinitas, apalagi jika harus mengikuti cara merawat wajah ala Korea yang terdiri dari 10 tahapan. Cukup lakukan intinya saja seperti pembersih, toner, pelembap, dan sunblock. Terlalu banyak ritual tak akan baik untuk jenis kulit sensitif yang tak mampu menahannya. Jangan gunakan produk dengan scrub setiap hari dan hati- hati dengan serum yang memiliki konsentrat sangat tinggi.

4. Kenali tekstur produk
Menggunakan facial foam lebih dari sekali bisa berbahaya bagi kulit sensitif. Untuk membersihkan wajah lebih mendalam di malam hari, Anda bisa menggantinya dengan cleansing oil yang meninggalkan kelembapan ekstra pada wajah. Jika ingin menggunakan kosmetik, pilih yang memiliki tekstur ringan seperti powder. Kandungan mineral yang alami pada kosmetik juga baik digunakan bagi kulit sensitif. Hindari yang berbentuk liquid karena mudah memicu jerawat.

5. Selalu Sediakan Produk Darurat
Tak hanya salah memakai produk saja yang dapat memicu masalah kulit sensitif Anda. Bahkan ketika telah merawatnya dengan hati- hati, mungkin saja timbul alergi maupun jerawat pada kulit yang disebabkan oleh konsumsi makanan atau pengaruh buruk sinar matahari. Selalu sediakan produk dengan kandungan anti-oxidant dan anti-inflammatory yang dapat meredakan peradangan seketika. Selain itu aloe vera gel juga terbukti ampuh untuk mendinginkan kemerahan yang Anda alami.

(This article powered by Beauty Journal Sociolla) [kun]

Topik berita Terkait:
  1. Sociolla
  2. Tips Cantik
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini