Kucing Terus Menguntitmu itu Tanda Bahagia, Mitos atau Fakta?

Selasa, 4 Mei 2021 07:30 Reporter : Iwan Tantomi
Kucing Terus Menguntitmu itu Tanda Bahagia, Mitos atau Fakta? ©shutterstock

Merdeka.com - Pengalaman kucing yang tiduran di pangkuanmu merupakan momen yang dianggap ideal bagi pecinta anabul. Tapi hal itu tidak selalu terjadi, terkadang hewan peliharaanmu membuktikan dirinya sebagai predator yang handal dan menganggapmu sebagai mangsanya. Sebelum khawatir kucingmu berubah menjadi liar, nyatanya aksi stalking ini sebenarnya normal dan didorong oleh beberapa alasan yang cukup baik.

Didorong Naluri Alaminya

muezza baru
©shutterstock

Percaya atau tidak, kucing kesayanganmu berbagi 95% DNA-nya dengan harimau. Seperti kerabatnya, kucing mempertahankan kemampuan alaminya dalam berburu termasuk mengintai dan menyerang mangsanya.

Kini, meskipun kelangsungan hidup anabul bergantung pada pemiliknya, bukan berarti keahliannya sebagai pemburu akan menghilang. Hal ini yang mendorong kucing untuk menguntitmu, tapi bukan ingin menjadikanmu mangsa tapi tanpa sadar anabulmu melakukannya karena rasanya benar.

Bosan

muezza baru
©shutterstock

Semua kucing memiliki naluri untuk mengintai mangsanya, tapi biasanya akan lebih sering dilakukan oleh kucing yang tidak mendapatkan stimulasi fisik dan mental yang cukup. Anabulmu bisa tidur hingga 18 jam sehari, tapi tetap membutuhkan perhatian dan aktivitas fisik setiap hari untuk menghilangkan kebosanan dan menggunakan energi berlebihnya.

Hewan peliharaanmu akan mencari hal-hal baru untuk dimainkan. Rasa bosan dikombinasikan dengan naluri alaminya kemungkinan besar akan berakhir dengan serangan diam-diam pada hal yang menarik di lingkungannya, penghuni rumah.

Respon yang Tepat

muezza baru
©shutterstock

Kucing belajar dengan cepat. Saat melompat dari belakang kursi dan memegang mata kakimu, anabul bukan hanya fokus pada tindakannya sendiri, tapi juga memerhatikan apa yang pemiliknya lakukan. Pikirkan bagaimana tanggapanmu saat hewan peliharaan menguntit dan terlihat seperti sedang menyerangmu.

Sebagian besar mungkin akan mengeluarkan suara kencang, diikuti dengan memberinya perhatian bahkan mengajaknya bermain bersama. Jika melakukan rutinitas ini secara berulang, kucingmu akan menyadari kalau mengikutimu jadi cara untuk mendapatkan perhatian dan apa pun yang diinginkan.

Bukan selalu menjadi tanda kucingmu bahagia, jika ingin menghentikan kebiasaan ini, berusaha sebaik mungkin untuk mengabaikan perilakunya. Selain itu, hindari memberinya reward, baik perhatian, belaian, atau pujian.

Walau sebagian besar kebiasaan stalking menyenangkan dan tidak berbahaya, terkadang kucing melakukannya karena didorong rasa frustasi. Coba cek apakah kebutuhan anabulmu sudah terpenuhi, salah satunya soal makanan.

muezza baru
©Muezza

Berikan hanya yang terbaik dari segi nutrisi maupun citarasanya untuk hewan peliharaan. Kombinasi keduanya ini bisa didapatkan dari Muezza, brand makanan kucing kering yang dibuat dari bahan alami dan bebas bahan tambahan sintetik.

Mengandung nutrisi sehat yang dibutuhkan oleh kucing dalam kadar yang tepat, cat food ini juga sudah berlabel halal yang dikeluarkan oleh The Central Islamic Committee of Thailand. Jadi kelebihan yang dicari oleh pemilik kucing, yang ingin bebas khawatir saat terkena liur anabul, mencuci mangkuk makan di tempat cuci piring di dapur, menyimpan cat food bersama bhan makanan lainnya, atau membawanya bepergian.

Tersedia dalam 4 varian rasa yang disukai kucing, pesan Muezza secara online di marketplace favoritmu seperti Shopee dan Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia [tmi]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Kucing
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini