Keunikan piramida-piramida alam di Tyrol selatan, Italia

Senin, 23 Oktober 2017 13:08 Reporter : Tantri Setyorini
Keunikan piramida-piramida alam di Tyrol selatan, Italia Piramida alam Tyrol. © Flickr/Alexander Kluge

Merdeka.com - Jika membicarakan piramid atau piramida, mungkin yang terbayang di benak adalah Piramida Agung Giza yang tersohor itu. Tetapi sebenarnya ada banyak piramida lain yang tak kalah indah. Baik piramida yang dibangun oleh manusia atau yang dibentuk langsung oleh tangan bumi, seperti piramid alam di Tyrol.

Sejumlah tempat di Tyrol Selatan, Italia terdapat keunikan berupa formasi geologi yang disebut piramida alam. Dilansir Amusing Planet, struktur unik ini berasal dari tanah liat moraine. Terbentuk setelah zaman es berakhir, tepatnya ketika gletser-gletser meleleh.

Piramida alam Tyrol © Flickr/xv15tau

Piramida alam Tyrol © Flickr/mstefano80

Piramida alam Tyrol © Flickr/be_am25

Awalnya lapisan tanah liat berbentuk seperti lereng batu yang keras. Namun begitu musim hujan tiba, lapisan tanah melunak dan terkikis oleh aliran air. Menyisakan lapisan moraine yang terlindung bebatuan di atasnya. Jadilah cungkup-cungkup tanah yang kemudian disebut piramida alam Tyrol. Walaupun terdengar sederhana, proses pembentukannya berlangsung selama ribuan tahun.

Piramida alam merupakan kekhasan daerah Tyrol Selatan, tetapi juga bisa ditemukan di tempat-tempat lain. Salah satu yang terbaik berlokasi di Ritten, sebuah dataran di dekat Bozen, bagian utara Italia. Tentunya tak kalah indah jika dibandingkan dengan piramida Mesir atau Inca. [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. Travel
  2. Wisata Alam
  3. Italia
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini