Kerap Ingin Makan yang Manis-Manis saat Sedang Stres? Begini Penjelasan Ilmiahnya

Rabu, 8 September 2021 21:10 Reporter : Iwan Tantomi
Kerap Ingin Makan yang Manis-Manis saat Sedang Stres? Begini Penjelasan Ilmiahnya ©Shutterstock.com

Merdeka.com - Makanan manis bukan hanya nikmat disajikan sebagai hidangan pencuci mulut, atau peneman ngemil sore dengan secangkir teh. Namun, tanpa sadar, makanan manis juga kerap dijadikan pelarian untuk mengusir penat kala stres melanda.

Rupanya hal ini bukan dialami satu dua orang saja. Beberapa orang juga kerap melampiaskan stres yang mendera dengan makan beragam makanan manis. Bukan sebuah kebetulan apalagi sekadar tren, ternyata ada penjelasan ilmiahnya.

Makanan Manis Bisa Turunkan Kortisol Penyebab Stres

manis sedap baru
©Shutterstock.com

Secara ilmiah, stres bisa terjadi karena hipoccampus yang terdapat pada otak merilis hormon kortisol. Pelepasan kortisol ini dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, gula darah, pernapasan hingga fungsi otot.

Sebenarnya mekanisme tersebut secara alami bermanfaat untuk meningkatkan kesigapan diri kala menghadapi situasi penuh tekanan. Hanya saja, ketika jumlah kortisol terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan stres, rasa cemas, hingga gejala depresi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Harvard University pada 2015 mengungkapkan jika konsumsi makanan manis atau gula dapat menurunkan jumlah kortisol dan aktivitas hipoccampus. Hal ini membuat respon otak dalam menanggapi stress juga ikut membaik.

Hanya saja, para peneliti sepakat perlu melakukan lebih lanjut, karena asupan gula bukan satu-satunya faktor yang bisa memengaruhi kinerja hipoccampus maupun menurunkan stres secara langsung.

Makanan Manis Bisa Bantu Suplai Energi ke Otak

manis sedap baru
©Shutterstock.com

Sebagian besar otak orang dewasa menggunakan 20% energi total dalam tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Ketika stres melanda, setidaknya otak membutuhkan energi tambahan sebanyak 12%. Suplai energi ini pun bisa diperoleh dari asupan gula, maupun makanan manis.

Terlebih makanan manis ini sebagian besar komposisinya selain karbohidrat. Di dalam tubuh karbohidrat akan dipecah menjadi gula sederhana atau glukosa yang kemudian diproses menjadi energi. Apabila stres terjadi bersamaan dengan kondisi lapar, akibat kurang asupan karbohidrat, maka fungsi otak juga akan ikut menurun.

Padahal, otak berperan dalam mengatur metabolisme tubuh, pencernaan, dan kemampuan berpikir. Otak pun akan kesulitan menjalankan fungsinya dengan baik karena terhalang sejenis saraf dalam hipotalamus, bilamana tubuh kekurangan glukosa. Hal inilah yang kemudian membuat keinginan makan manis saat stres melanda lebih besar.

Makanan Manis Bisa Membuat Seseorang Bahagia

manis sedap baru
©Shutterstock.com

Jika kortisol dapat menyebabkan stres, maka dopamin menjadi hormon yang bisa memicu rasa bahagia. Menariknya, dopamin yang dilepaskan lewat bagian otak bernama nucleus accumbens ini terangsang lewat makanan manis atau asupan gula.

Bukan itu saja, makanan manis juga dapat membantu pelepasan serotonin, hormon yang bisa memberikan efek menenangkan. Serotonin inilah yang bisa meredakan stres akibat tingginya kortisol yang dilepaskan dalam tubuh.

Meski begitu perlu digarisbawahi jika kaitan antara stres dan konsumsi gula maupun makanan manis belum terbukti 100%, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Walau makanan manis ini bisa memicu efek positif, seperti meredakan stres bagi sebagian orang, tetapi tetap tak dianjurkan mengonsumsinya berlebihan. Bagaimanapun terlalu banyak makanan manis tetap berbahaya bagi kesehatan.

Akan tetapi jika sekali dua kali atau sekadar untuk menurunkan stres yang tengah melanda, tentunya dengan porsi secukupnya, maka tak ada salahnya dicoba. Apalagi pesan makanan manis kini juga bisa dilakukan dengan mudah dari rumah. Salah satunya dengan pre-order lewat manisdansedap.com.

Bagi yang belum tahu, manisdansedap.com merupakan platform yang menjadi bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com. Lewat platform ini, beragam menu-menu dengan citarasa manis bisa dipesan secara praktis, seperti:

Nastar Lezat yang Bisa Dilahap dengan Secangkir Teh

manis sedap baru
©Manis dan Sedap/Desserticious.co

Lapis Legit Ori yang Juga Nikmat Sebagai Peneman Waktu Sore

manis sedap baru
©Manis dan Sedap/Desserticious.co

Ada Pula Choux Ring yang Menggoda untuk Digigit

manis sedap baru
©Manis dan Sedap/Chudoku Bakery

Bisa Pula Sekalian Isi Perut dengan Roti Gandum Isi

manis sedap baru
©Manis dan Sedap/Roti Selera Rakyat

Semua bisa dipesan dengan mudah di manisdansedap.com. Selain makanan manis, banyak pula makanan sedap yang bisa dipilih sesuka hati. Ini karena platform ini juga menjadi 'etalase' bagi para seller. Para pemilik UMKM juga bisa memajang jualannya dan bisa melakukan transaksi terpisah dari platform, berkat fitur tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp seller.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap! [tmi]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Manis Dan Sedap
  3. Kuliner Unik
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini