10 Tipe Kepribadian Berdasar Genre Musik Favoritnya

Senin, 7 Oktober 2019 04:03 Reporter : Tantri Setyorini
10 Tipe Kepribadian Berdasar Genre Musik Favoritnya Ilustrasi musik. ©Pixabay

Merdeka.com - Sudah sejak lama musik dikaitkan dengan psikologi pendengarnya. Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa genre musik yang paling sering didengarkan seseorang berkaitan erat dengan kepribadiannya.

Salah satu studi terbaru berkaitan dengan hal itu adalah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Adrian North dari Heriot-Watt University, Edinburgh, Inggris. North adalah seorang ahli ilmu psikologi musik. Selama tiga tahun terakhir seperti dilaporkan situs PsychCentral, North telah melakukan survei terhadap lebih dari 36.000 orang dari 60 negara dengan selera musik yang berbeda-beda. Selera musik tersebut kemudian dihubungkan dengan beberapa aspek kepribadian yang dimiliki oleh para responden.

Hasilnya jenis-jenis musik tertentu memang mewakili sebagian besar tipe karakter. Berikut ini rangkuman penjelasannya.

2 dari 11 halaman

Musik Pop Top 40

Suka lagu-lagu pop ringan yang selalu masuk Top 40 charts? Barangkali kamu termasuk tipe kepribadian yang satu ini; pekerja keras, suka bersosialisasi, lembut, dan tahu cara mencintai diri sendiri.

Tetapi sayangnya kamu tidak terlalu punya jiwa kreatif. Kamu juga agak sulit berpikiran rileks.

3 dari 11 halaman

Musik EDM

rev1

Ilustrasi musik. Pixabay

EDM, IDM, dubstep, atau trip hop termasuk genre musik yang paling sering diputar di akun Spotify milikmu? Sesuai dengan ritme-nya yang menghentak dan membangkitkan semangat, musik ini biasanya sengaja dipilih oleh orang-orang yang hobi berinteraksi dalam pergaulan dan punya kreativitas tinggi.

Tetapi biasanya para penggila musik dance juga kurang lembut. Orangnya cenderung lugas.

4 dari 11 halaman

Musik Rap

rev1

Kanye West. REX/Shutterstock

Lagu-lagu rap memang terkenal karena lirik-liriknya yang lugas dan musiknya yang dinamis. Kalau kamu juga hobi mendengarkan musik-musik bikinan para rapper mumpuni macam Eminem, Timbaland, Rich Brian, atau Drake, kemungkinan besar kamu adalah orang yang mudah bersosialisasi. Tapi kamu juga agak arogan, nih.

5 dari 11 halaman

Musik Jazz

Kamu termasuk penggemar musik jazz? Rajin menonton event-event musik jazz paling akbar di Indonesia? Berarti kamu termasuk satu golongan dengan orang-orang kreatif yang tahu cara menghargai diri sendiri. Para penyuka musik jazz biasanya juga outgoing dan santai.

6 dari 11 halaman

Musik Indie

Musik-musik dari aliran indie biasanya berciri non-mainstream. Pecinta musik garapan band-band yang berkarya di luar label perusahaan musik ternama seperti ini biasanya memiliki kreativitas tinggi (dan berbeda). Sayangnya mereka juga dianggap memiliki self respect yang relatif rendah, tidak terlalu pekerja keras, dan kurang sensitif.

7 dari 11 halaman

Musik Klasik

10 tipe kepribadian berdasar genre musik favoritnya

Ilustrasi musik. Pixabay

Diam-diam hobi mendengarkan melodi-melodi klasik gubahan maestro lama macam Beethoven, Bach, dan Mozart? Itu bukan berarti kamu punya selera tua, kok.

Menurut hasil penelitian ini, para penggemar musik klasik itu termasuk orang yang punya harga diri tinggi dan kreatif, tetapi memang sedikit introvert atau tertutup kepada lingkungan sekitarnya.

8 dari 11 halaman

Musik Blues

Para pecinta musik blues umumnya memiliki lima karakteristik berikut ini, yaitu kreatif, mencintai diri sendiri (bukan narsis, ya), mudah bergaul, dan cenderung santai dalam menghadapi banyak hal.

9 dari 11 halaman

Musik Rock

10 tipe kepribadian berdasar genre musik favoritnya

Ilustrasi musik. Pixabay

Biasanya musik rock diidentikkan dengan kekerasan, depresi, drugs, dan hal-hal negatif lainnya. Tetapi tahukah kamu, ternyata hasil survei North menunjukkan kalau para pecinta genre musik ini justru memiliki kepribadian yang cukup sensitif.

Mereka umumnya punya jiwa kreatif dan selow, tetapi memiliki rasa bangga yang rendah terhadap diri sendiri, kurang suka bekerja keras, dan sedikit sulit bersosialisasi.

10 dari 11 halaman

Musik Country

Musik yang berakar dari Nashville ini identik dengan gaya hidup western. Para pecinta jenis musik ini biasanya merupakan pribadi yang pekerja keras dan mudah bergaul.

11 dari 11 halaman

Musik Reggae

Reggae, musik yang dipopulerkan oleh Bob Marley ini identik dengan Jamaika dan gaya hidup bebas. Para penggemar genre musik ini umumnya memiliki kreativitas tinggi, sensitif, santai, dan mudah bersosialisasi. Tetapi mereka juga santai dalam menghadapi hidup dalam artian kurang pekerja keras.

Itulah analisis tipe-tipe kepribadian menurut selera musik sesuai dengan hasil penelitian Prof. Adrian North. Termasuk tipe yang manakah kamu? [tsr]

Baca juga:
Forestra 2019, Suguhkan Musik Orkestra di Tengah Hutan
Band Pilotz Akan Ikut Meramaikan Perhelatan Musik Pemersatu Bangsa di Cibubur
Duet maut arsy widianto dan brisia jodie kembali rilis single baru
Musisi Undang Presiden Jokowi Tuk Hadir Perhelatan Musik Pemersatu Bangsa di Cibubur

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini