Kenangan Beli di Toko Kelontong yang Susah Dilupakan

Selasa, 13 Agustus 2019 11:47 Reporter : Wuri
Kenangan Beli di Toko Kelontong yang Susah Dilupakan Kenangan Beli di Toko Kelontong yang Susah Dilupakan. ©SRC

Merdeka.com - Bagi yang tumbuh di era tahun 90an, toko kelontong pasti jadi bagian yang nggak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bagaimana tidak, di sinilah tempat masyarakat membeli berbagai kebutuhannya. Mulai dari bahan pokok sampai jajanan masa kecil semuanya ada di sana.

Pastinya ada banyak kenangan tentang toko kelontong yang pastinya masih melekat banget di dalam hati. Mana yang paling berkesan buatmu nih?

Mainan Beras Sambil Nunggu Belanja Selesai

Toko kelontong biasanya memang kecil dan seringnya memanfaatkan bagian depan rumah pemiliknya. Tapi, toko yang satu ini menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari dengan lengkap, termasuk beras yang bisa dibeli eceran. Karung-karung beras terbuka biasanya diletakkan pemilik toko di bagian luar yang paling mudah dilihat dan dijangkau pembeli.

Ingat nggak sih semasa kecil dulu kamu sering memegangi beras yang ada buat dijadikan mainan sambil nunggu selesai belanja? Iseng sih, tapi sukses jadi kenangan masa kecil yang mengena banget, kan?

Memanggil Penjual dengan Berteriak Buuu, beli buuu

Toko kelontong memang seringnya dibuat dengan konsep sederhana. Jadi, jangan bayangkan ada bel yang bisa digunakan untuk memanggil penjual saat ada pembeli yang baru datang. Di masa kecil dulu, jika si pemilik nggak berada di sekitar toko, maka cara paling gampang buat memanggil mereka adalah dengan berteriak Buuu, beli buuuu dengan suara nyaring hingga penjualnya datang. Belum sah jadi anak generasi 90an kalau belum pernah teriak-teriak di toko kelontong begini.

Ketok-Ketok Etalase Pakai Uang Koin

Kalau lagi belanja di toko kelontong sambil membawa uang koin, rasanya susah banget buat menahan diri untuk nggak ketok-ketok etalase dengan koin tersebut. Biasanya kebiasaan ini dilakukan buat memanggil penjual, jika berteriak saja nggak cukup, atau memang waktu lagi iseng saja. Kamu juga pernah begini?

Beberapa kebiasaan tersebut masih terasa akrab banget, kan? Seiring perkembangan zaman, toko kelontong memang sempat mengalami masa-masa terpuruk yang membuat mereka ditinggalkan para pembeli. Tapi, sebenarnya kehadiran toko kelontong masih dibutuhkan masyarakat. Dengan berbelanja di toko kelontong, artinya kamu secara langsung membantu kehidupan si pemilik toko dan keluarganya juga, nggak jarang banyak pemilik toko yang sukses menyekolahkan anaknya karena toko mereka ramai oleh tetangga dekat yang belanja di situ. Disamping itu, kamu juga ikut serta berkontribusi mendukung perekonomian negara dan pertumbuhan UKM, Siapa sangka kalau dengan melakukan hal kecil, ternyata bisa membawa dampak luar biasa untuk membantu perekonomian negara!

Belanja di toko kelontong juga nggak perlu ribet. Kamu bisa belanja dalam jumlah kecil, misalnya beli sampo secara sachet atau beli beras eceran. Sering mengunjungi toko kelontong juga bikin silaturahmi ke tetangga semakin lancar.

Yang lebih penting, toko kelontong masa kini juga berbenah dan semakin modern buat menyesuaikan perkembangan zaman. Terlebih bagi mereka yang sudah tergabung di Sampoerna Retail Community atau SRC yang merupakan toko kelontong masa kini yang merupakan UKM binaan Sampoerna yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing para pemilik toko kelontong melalio pedampingan usaha yang berkelanjutan.

Toko kelontong sekarang bukan lagi tinggal kenangan. Saatnya kembangkan bersama dengan kembali belanja di toko kelontong yang dapat membantu meningkatkan perekonomian negara. Yuk, belanja di toko kelontong dekat rumahmu! Info lebih lengkap klik di sini. [wri]

Topik berita Terkait:
  1. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini