KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Kenali 6 penyebab rambut rontok

Senin, 30 September 2013 13:04 Reporter : Kun Sila Ananda
Ilustrasi rambut rontok. ©2012 Shutterstock/szefei

Merdeka.com - Ada banyak faktor yang menjadi penyebab rambut rontok. Mengalami rambut rontok memang hal yang wajar terjadi. Namun kalian tentu bisa mengetahui ketika rambut terlalu banyak rontok. Kenali beberapa penyebab di balik kerontokan rambut, agar kalian bisa mengatasinya lebih cepat.

Berikut adalah beberapa penyebab rambut rontok, seperti dilansir oleh All Women's Stalk.

1. Keturunan
Salah satu alasan terjadinya rambut rontok adalah faktor keturunan. Pada beberapa keluarga, gen yang menyebabkan rambut rontok bisa diturunkan pada anak-anak mereka. Jika ini yang terjadi pada kalian, tentunya akan sangat sulit diatasi. Biasanya hal ini bisa diketahui dengan cara memeriksakan diri pada ahli kulit.

2. Stres
Stres adalah salah satu penyebab rambut rontok yang sering dialami banyak orang. Rambut seringkali lebih mudah rontok ketika seseorang mengalami hal yang menyebabkan stres. Stres menyebabkan rambut lebih cepat rontok dibanding saat-saat biasa.

3. Diet
Diet juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Jika kalian ingin melakukan diet yang ekstrem, lebih baik pikirkan masak-masak. Jangan melakukan diet yang bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi dan vitamin. Ini akan berdampak tak hanya pada berat badan dan kesehatan tubuh, melainkan juga penampilan seperti rambut dan kulit.

4. Gaya rambut
Faktor lain di balik kerontokan rambut yang parah adalah sering mengubah gaya rambut. ketika akan mengubah gaya rambut, pastikan kesehatan rambut dan folikel tetap terjaga. Beberapa gaya rambut bisa menarik rambut hingga akarnya dan membuat rambut lebih rapuh serta rentan patah. Misalkan sering mengikat rambut dengan gaya ekor kuda yang terlalu ketat.

5. Bahan kimia
Ini tentu tak mengejutkan. Bahan-bahan kimia yang ada dalam produk kecantikan dan perawatan rambut bisa menyebabkan rambut mudah rontok. Baik kalian menggunakan produk di rumah maupun di salon, pastikan untuk menggunakan produk yang tak terlalu mengandung banyak bahan kimia. Bahan kimia akan membuat rambut lebih rapuh, mudah rontok, dan mengganggu pertumbuhan folikel.

6. Hormon
Hormon yang tak seimbang juga bisa menyebabkan rambut rontok. Untuk itu, terkadang orang hamil yang mengalami ketidakseimbangan hormon bisa mengalami rambut rontok yang cukup parah.

Itulah beberapa faktor penyebab kerontokan rambut yang parah. Jika kalian mengalami kerontokan rambut, bisa jadi salah satunya adalah akibat hal-hal di atas. [kun]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.