Kenali 4 Jenis Potongan Daging Steak, Beda Karakter Beda Rasa

Rabu, 20 Maret 2019 04:06
Kenali 4 Jenis Potongan Daging Steak, Beda Karakter Beda Rasa Daging Wagyu kerap kali disebut di restoran, terutama restoran steak. Sudahkah Anda tahu apa itu wagyu? (iStockphoto)

Merdeka.com - Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda bila steak bisa dihasilkan dari empat jenis daging sapi berbeda? Perbedaan itu akan memengaruhi karakter dan rasa steak yang dihasilkan.

Menurut Kevindra Soematri, pengamat kuliner, jenis potongan daging steak yang pertama adalah ribeye yakni bagian daging sapi sekitar tulang iga atau tulang rusuk yang lebih lembut dan lemak. Daging Ribeye memiliki tekstur yang lembut dan beraroma. Kandungan lemak di dalamnya membuat membuat daging lebih lezat.

Kedua,T-Bone. Bagian daging ini adalah bagian yang paling lengkap dan istimewakarena memiliki lapisan lemak, daging yang lembut, dan tulang. Daging T-Bone terdapat di filet tenderloin dan sisi lain pinggang atas sapi.

BerikutnyaadalahStriploin/Sirloinatau disebut pula has luar.Bagian daging sapi ini berasal dari bagian bawah daging iga, terus sampai ke bagian sisi luar has dalam.

Daging sirloin memiliki tekstur yang halus dengan lapisan lemak yang juicy. Potongan daging ini dinilai ideal untuk dibuat steak karena ukuran dan bentuknya yang besar.

KeempatTenderloin, bagian ini memiliki daging yang empuk dan halus dengan kandungan lemak yang rendah. Daging Tenderloin ini adalah potongan daging yang paling termewah dan lebih cocok dinikmati dengan proses pemasakan singkat.

Selain karakter yang terdapat pada daging, Anda bisa melihat kualitas daginglewat marbling.Marbling adalah garis-garis putih yang terdapat pada daging seperti lemak.

"Daging steak berkualitas memiliki tekstur yang lembut serta tingkat marbling yang baik. Marbling adalah kandungan lemak yang ada pada daging steak. Semakin banyak marblingpada daging, maka daging tersebut lebih lembut dan juicy,"ujar Kevindra saat media briefing di Steak Hotel by Holycow! Tkp Sabang, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Maret 2019.

Tak kalah pentingnya adalah melihat kesegaran warna daging yang akan Anda konsumsi. Jika warna merah pada daging pudar, berarti kualitas pada daging yang Anda konsumsi kurang baik. (Indah Permata Niska)

Saksikan video pilihan di bawah ini :

vidio:#OneShot: Ini Steak Terenak di Jakarta
Topik berita Terkait:
  1. Daging Sapi
  2. Tips Memasak
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini