Kemajuan teknologi bisa buat situasi kerja di kantor jadi tak nyaman

Kamis, 28 Januari 2016 18:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kemajuan teknologi bisa buat situasi kerja di kantor jadi tak nyaman Ilustrasi mengecek hp ketika bekerja. ©tranquilitylabs.com

Merdeka.com - Terdapat berbagai gangguan yang mungkin muncul ketika sedang bekerja mulai dari melamun terlalu lama, berbicara dengan teman sejawat atau sekedar membuka media sosial di ponsel. Namun menurut sebuah penelitian dari perusahaan yang membuat solusi mengenai tempat kerja, seluruh gangguan itu terutama yang berkaitan dengan teknologi dapat berpengaruh terhadap kondisi tempat kerja serta cara pikir pekerjanya.

Dilansir dari Medical Daily, perusahaan bernama Steelcase tersebut melakukan survei terhadap hampir 10 ribu karyawan dari berbagai perusahaan di 17 negara. Hampir separuh dari partisipan tersebut mengatakan bahwa mereka sangat mudah terganggu ketika bekerja terutama dari email serta media sosial.

Gangguan yang sangat besar pada diri karyawan tersebut muncul karena terlalu banyaknya informasi yang masuk ke mereka serta keputusan yang harus segera mereka buat. Keinginan untuk membalas email dan tanggapan di media sosial secara cepat dapat membuat pikiran dan konsentrasi seorang karyawan menjadi terpecah sehingga akhirnya mereka memikirkan dua hal secara bersamaan.

Dalam survei tersebut diketahui bahwa seorang karyawan sering mendapatkan gangguan setiap tiga menit sekali. Sedangkan menurut penelitian dari University of California, waktu yang dibutuhkan seseorang untuk kembali fokus pada pekerjaannya adalah sekitar 23 menit. Sehingga hal ini dapat mengganggu produktivitas mereka secara drastis.

Berdasar penelitian yang dilakukan oleh Steelcase tersebut, smartphone adalah gangguan terbesar pada produktivitas seseorang. Dibanding dengan data yang ada pada tiga tahun yang lalu, karyawan saat ini menghabiskan waktu dua kali lebih lama dalam menggunakan smartphone mereka.

Menurut Steelcase, banyak perusahaan harus memperhatikan ketenangan dan kenyamanan yang diperoleh oleh karyawannya. Membuat sebuah ruang khusus untuk yoga dan meditasi dapat membuat karyawan kembali fokus dan meminimalkan gangguan yang muncul pada mereka. Dengan pikiran yang lebih fokus maka situasi tempat kerja akan lebih baik dan produktivitas dapat tetap terjaga. [RWP]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini