Keindahan Sungai-Sungai Permai di Kroasia, dari Krka sampai Cetina

Rabu, 27 November 2019 14:05 Reporter : Tantri Setyorini
Keindahan Sungai-Sungai Permai di Kroasia, dari Krka sampai Cetina Sungai Krka dan Air Terjun Skradinski Buk. ©Goran Safarek

Merdeka.com - Kroasia merupakan salah satu negara di Eropa yang terkenal karena keindahan alamnya. Salah satu objek wisata paling populer adalah Danau Plitvice yang jadi bagian dari Plitvice Lakes National Park. Belakangan Dubrovnik, pemukiman bernuansa Abad Pertengahan juga jadi incaran traveler gara-gara tampil di serial Game of Thrones.

Walaupun begitu, sebenarnya masih banyak keindahan alam Kroasia lainnya yang belum tersorot. Salah satunya adalah sungai. Kroasia punya sungai-sungai permai dengan air jernih yang tak kalah indah dari Danau Plitvice.

Goran Safarek, seorang ahli biologi dan fotografer asal Kroasia telah mengabadikan keindahan sungai-sungai di negaranya dalam satu dekade terakhir.

"Mungkin tidak ada negara lain di Eropa yang memiliki sungai sebegitu beragam dan terjaga seperti Kroasia. Sungai-sungainya tak diragukan lagi merupakan salah satu bagian terpenting. Meliputi sungai dataran rendah keruh dan lambat yang membanjiri dataran banjir yang luas hingga sungai-sungai pegunungan pendek dan cepat yang membasahi jeram," tuturnya saat diwawancarai Daily Mail (15/11/2019).

Berikut ini beberapa potret keindahan sungai-sungai di Kroasia yang berhasil diabadikan Goran Safarek dengan kameranya.

1 dari 8 halaman

Sungai Krka yang Punya Banyak Air Terjun

 /></p>
<p style=Goran Safarek

Ini adalah Krka, sungai sepanjang 45 mil yang mengalir dari Gunung Dinara dan bermuara di Laut Adriatik. Sungai Krka memiliki banyak air terjun dan ngarai yang cantik.

2 dari 8 halaman

Sungai Kamacnik dan Ngarai Terhijau di Dunia

 /></p>
<p style=Goran Safarek

Sungai Kamacnik mengalir di wilayah Gorski kotar, Kroasia Utara. Ngarai yang dialiri sunga ini disebut sebagai salah satu ngarai paling hijau di muka bumi.

3 dari 8 halaman

Pertemuan Sungai Krupa dan Zrmanja

 /></p>
<p style=Goran Safarek

Pertemuan Sungai Krupa dan Zrmanja yang meliuk bak ular biru dilatari ngarai menjulang yang tampak megah dari ketinggian.

4 dari 8 halaman

Sungai Mreznica yang Seindah 'Mimpi'

 /></p>
<p style=Goran Safarek

Safarek menyebut Sungai Mreznica seindah mimpi. Sungai ini memiliki total 93 air terjun.

5 dari 8 halaman

Danube, Sungai Terpanjang Kedua di Dunia

 /></p>
<p style=Goran Safarek

Danube merupakan sungai terpanjang kedua di dunia. Sungai ini mengaliri delapan negara sekaligus. Seperti inilah penampakannya setelah diterjang banjir.

6 dari 8 halaman

Sungai Mirna di Istria

 /></p>
<p style=Goran Safarek

Perairan berwarna kelabu muda ini adalah aliran Sungai Mirna. Ini adalah sungai terpanjang di wilayah Istria. Panjangnya mencapai 33 mil.

7 dari 8 halaman

Sungai Kupa yang Permai

 /></p>
<p style=Goran Safarek

Perairan berwarna biru cerah ini adalah Sungai Kupa yang menjadi bagian dari Risnjak National Park, Kroasia Utara. Sungai tersebut dikelilingi hutan lebat yang asri.

8 dari 8 halaman

Sungai Cetina yang Digemari Pecinta Olahraga Ekstrem

 /></p>
<p style=Goran Safarek

Sungai Cetina membelah daratan Dalmatia menjadi dua wilayah. Sungai ini sangat populer di antara pecinta olahraga ekstrem. Biasanya digunakan untuk arung jeram dan jelajah ngarai.

Ini adalah potret mata airnya yang memiliki kedalaman hingga 150 meter. Indah, ya?

Itulah deretan sungai-sungai cantik yang mengaliri wilayah Kroasia. [tsr]

Baca juga:
Mengunjungi Negeri di Atas Awan Gunung Luhur
Menikmati Indahnya Danau Tianquan yang Berselimut Kabut
Sensasi Berendam Air Panas Dikelilingi Hutan Mangrove di Berau

Topik berita Terkait:
  1. Kroasia
  2. Wisata Alam
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini