13 Jenis Batu Kristal Paling Populer untuk Dikoleksi

Selasa, 21 Juni 2022 13:06 Reporter : Tim Merdeka, Tantri Setyorini
13 Jenis Batu Kristal Paling Populer untuk Dikoleksi ilustrasi amethyst. © Wikimedia Commons/JJ Harrison

Merdeka.com - Alam kita sungguh kaya akan sumber dayanya. Mulai dari tanaman hingga batuan. Batuan kristal salah satu hasil buatan alam yang salah satunya bersumber dari muntahan lava gunung berapi.

Namun melihat rupa dan bentuknya, banyak orang yang menjadikan batu kristal untuk dikoleksi dna digunakan dalam hal tertentu. Batu kristal diklaim memiliki berbagai manfaat untuk jiwa kita, salah satunya dapat memberikan aura positif pada pemiliknya.

Penasaran jenis batu kristal apa saja yang populer? Berikut beberapa di antaranya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

Jenis Batu Kristal dan Kegunaanya

1. Rose Quartz

ilustrasi rose quartz

© Wikimedia Commons/Bergminer

Kristal ini memiliki keunggulan dalam membantu menenangkan seseorang dari rasa gelisah, stres, menutup luka emosional, mempromosikan cinta akan diri sampai dengan menjaga hubungan yang tetap positif.

Banyak orang yang menyebutnya batu cinta. Kegunaan lain rose quartz akan membantu pemiliknya untuk dapat percaya diri, menghargai dan juga mencintai. Warna kristal ini merah muda yang lembut dan bernuansa romantis.

2. Ruby

ilustrasi ruby

© Rawpixel

Ruby memiliki warna khas yaitu merah, kegunaannya untuk meningkatkan energi dalam diri dan kejujuran seseorang. Di sisi lain, banyak orang yang percaya dengan memiliki batu ruby ini dapat meningkatkan performa akan sensualitas serta seks.

Tidak hanya terbatas pada itu saja, ternyata ruby mampu memperbaiki sistem sirkulasi tubuh, mengangkat racun, sampai dengan meningkatkan kepekaan.

3. Citrine

ilustrasi citrine

© PxHere

Kebanyakan dari pemilik citrine adalah mereka yang ingin menghilangkan rasa takut dalam diri. Warna kuning yang terlihat jelas memiliki makna pemberi kebahagiaan, sebuah harapan, dan juga keinginan besar dalam kehidupan.

Kegunaan lainnya adalah menambah daya konsentrasi, kreativitas, optimisme, kehangatan, sampai dengan motivasi dalam diri seseorang.

4. Tiger’s eye

ilustrasi tiger039s eye

© Wikimedia Commons/Digon3

Kristal ini memiliki klaim mampu menyerap energi akan ketakutan, dan keresahan dalam diri. Warnanya yang keemasan mampu menambahkan motivasi bagi pemiliknya.

Ketika kita sedang ingin mengambil sebuah keputusan maka batu ini berguna tentunya dalam kondisi pikiran yang jernih. Secara umum, pemilik tiger’s eye adalah mereka yang sedang berhadapan dengan tantangan dalam karier dan wirausaha.

5. Jasper

ilustrasi jasper

© Wikimedia Commons/Doronenko


Berbeda dengan tiger’s eye, kali ini jasper memiliki kegunaan dalam mengambil keputusan penting di waktu yang tidak lama karena kita akan menjadi lebih percaya diri dan berani. Ciri khasnya adalah warna cokelat dan permukaan yang halus.

Batu ini berguna dalam memberikan semangat di kala stres. Bagi kalian yang sedang banyak menangani hal-hal penting, maka jasper cocok untuk dimiliki.

3 dari 5 halaman

Jenis Batu Kristal Putih

6. Clear Quartz

ilustrasi clear quartz
© Wikimedia Commons/Jan Helebrant

Batu kristal yang satu ini dikenal dengan sebutan Master Healer dengan alasan kemampuan yang dimilikinya dapat memperkuat energi yang bekerja dengan cara menyerap, menyimpan, melepaskan sampai dengan mengaturnya. Tak sedikit yang menggunakan clear quartz untuk membantu meningkatkan konsentrasi diri dan daya ingat.

Kegunaan lain batu kristal putih ini adalah membantu kekebalan tubuh serta menyeimbangkannya. Agar dapat bekerja dengan maksimal maka sebaiknya batu kristal dipadukan dengan jenis lainnya seperti rose quartz.

7. Moonstone

 ilustrasi moonstone

© Wikimedia Commons/Gemsphoto

Pencinta batu kristal tidak tahan akan pesona moonstone, karena warnanya putih dengan sorot cahaya seperti pelangi. Banyak orang menyebutnya kristal New Beginning atau 'permulaan baru'.

Moonstone telah banyak digunakan untuk mengurangi tingkat kecemasan, insomnia, dan depresi. Namun banyak juga yang mengoleksi batu kristal ini karena berguna untuk meningkatkan daya kreativitas.

Sama seperti jenis batu kristal pada umumnya, kristal indah ini mampu memberikan inspirasi, pemikiran positif, intuisi dan membawa keberuntungan.

4 dari 5 halaman

Jenis Batu Kristal Biru

kristal biru di islandia
©2016 dailymail.co.uk

8. Blue Sapphire Crystal

Kristal ini mengandung mineral korumdum dan menjadi salah satu dari sekian batu yang popular di dunia. Ciri khas dari blue sapphire crystal adalah terlihat cantik dengan warnanya biru berkilauan. Kandungan gelombang elektromagnetik yang ada terdapat di dalamnya mampu mengatasi masalah turunnya sistem kekebalan tubuh serta medan magnet yang sedang tidak seimbang.

Blue sapphire dipercaya baik untuk menjernihkan kembali pikiran, memberi kebahagiaan, meningkatkan kedamaiannya batin. Kegunaan lainnya kristal ini akan memberi kemudahan dalam ide-ide baru, melindungi seseorang dari hal-hal sirik.

Bersumber dari situs Manfaat.co.id, kristal ini juga mengandung mineral seperti kalsium, kalium, dan magnesium yang bekerja menjaga kesehatan tubuh.

9. Batu Pirus Persia

ilustrasi pirus persia
© Wikimedia Commons/Sigma Projects

Pirus adalah mineral yang tidak dapat menembus cahaya. Memiliki warna yang cukup jarang ditemui yaitu biru kehijauan atau biasa disebut dengan toska. Secara umum, orang menyebut batu kristal berwarna biru ini berharga kerena keunikan warnanya. Bila memahami lebih jauh lagi, pirus sebenarnya diperoleh dari sebuah kata bahasa arab, yaitu Fairus.

Banyak orang yang memiliki batu pirus ini karena dianggap mampu menyeimbangkan emosi dan membawa keberutungan. Kegunaannya bagi tubuh juga banyak. Kesehatan sistem pernapasan, kekebalan tubuh, sampai dengan tulang dapat diperoleh dari batu pembawa keberuntungan ini. Jika seseorang sedang membutuhkan motivasi atau dorongan, dengan kristal ini dapat membantu.

5 dari 5 halaman

Jenis Batu Kristal Mematikan

10. Cinnabar

ilustrasi cinnabar
© Wikimedia Commons/Robert M. Lavinsky

Batu kristal ini memiliki ciri khas berwarna merah dan terlihat sangat mempesona. Namun bila kita perhatikan lebih dalam cinnabar adalah batuan yang berasal dari gunung berapi dan terkandung zat merkuri berbahaya dengan kadar yang sangat tinggi.

Banyak orang mengenal batu kristal ini dengan nama mercury sulfide. Bila kita lihat dari sisi etimologisnya, cinnabarsendiri bermakna darah dari naga. Bila kita tidak berhati-hati dalam menggunakan cinnabar dampaknya bagi tubuh adalah dapat mengalami kematian, tremor, serta mati rasa karena menyimpan sumber bahaya.

11. Chalcanthie

 ilustrasi chalcanthie

© Wikimedia Commons/Didier Descouens

Siapa tidak tergoda akan bentuk batu kristal yang indah dan berwarna biru ini. Karakter batu mematikan yang satu ini sangat unik. Kandungan yang terdapat didalamnya adalah tembaga, belerang serta air.  Salah satu kandungannya yaitu tembaga dapat secara mudah menjadi larut dalam air.

Tidak main-main, efek yang ditimbulkan bila menggunakan air dari chalcanthie ini sanggup membuat seseorang kehilangan nyawa. Namun masih banyak orang yang tetap seakan tidak peduli dengan ancaman bahayanya, pencinta batu kristal tetap memburu dan menyimpannya. Terkecuali orang lain yang tidak berani maka akan merasa puas dengan memburu chalcanthite versi tiruannya saja.

12. Galena

 ilustrasi galena

© Wikimedia Commons/Robert M. Lavinsky

Galena memiliki kandungan utama di dalamnya berupa sulfur. Berbeda dengan batu kristal mematikan sebelumnya, karena sifatnya yang tergolong sangat aktif menyimpan bahaya dan ketakutan tersendiri bagi tubuh kita. Tidak sedikit orang yang mengalami hal keracunan sampai dengan meninggal dunia karena kekejaman dari galena.

Kristal ini memiliki bentuk yang unik, yaitu kubus dan berwarna perak berkilauan. Seseorang yang memiliki atau memegang galena harus sangat berhati-hati karena dari debu yang dihasilkan saja seseorang akan menjadi keracunan. Kerusakan lingkungan sekitar juga akan ditimbulkan dari kandungan yang ada pada batu kristal mematikan ini.

13. Torbernite

 ilustrasi torbernite

© Wikimedia Commons/Robert M. Lavinsky

Kristal ini pasti sudah tidak asing lagi karena dikenal dengan nama lainnya yaitu batu kristal yang berasal dari neraka. Jika dilihat secara sepintas pasti banyak orang yang langsung jatuh hati karena warna dan bentuknya. Torbernite memiliki ciri khas tampilannya berwarna hijau berkilauan yang indah. Uranium menjadi kandungan pokok dalam kristal ini. Pembentukannya melalui reaksi antara uranium, fosfor, air serta tembaga.

Bagi kolektor kristal, sangat diimbau untuk berhati-hati dalam menyimpannya. Kita harus memastikan di bagian terdalam kristal mematikan ini tidak terjadi pembusukan uranium. Hal terburuk yang terjadi adalah akan muncul gas dari kristal tersebut dan apabila terhirup akan membuat tubuh kita secara perlahan mengalami sakit kanker. Kalian yang mengoleksi kristal harus memikirkan secara matang dalam mengambil keputusan untuk memiliki torbernite ini.

Demikian keterangan singkat tentang berbagai jenis batu kristal. Mau koleksi yang mana? [mgl]

Baca juga:
Wujud Batu Safir Biru Terbesar di Dunia
Pedagang Batu Akik Mulai Menggeliat di Pasar Jatinegara
Macam-macam Batu Akik, Lengkap Beserta Kegunaan dan Penjelasannya
Punya Berat 2 Kuintal, Batu Akik Raksasa Ini Diklaim Jadi yang Terbesar di Dunia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini