Jelang Tahun Baru, Begini Perencanaan Finansial yang Perlu Dilakukan

Jumat, 19 November 2021 16:00 Reporter : Jeffreydien Winanda
Jelang Tahun Baru, Begini Perencanaan Finansial yang Perlu Dilakukan Jelang Tahun Baru, Begini Perencanaan Finansial yang Perlu Dilakukan. ©2021 Shutterstock

Merdeka.com - Tanpa terasa 2021 sudah kurang dari 60 hari lagi. Tahun 2022 yang segera menyapa pun perlu dipersiapkan secara baik dari segi finansial agar bisa menyongsong kehidupan yang lebih stabil ke depannya.

Masih dalam situasi yang tak menentu akibat pandemi, perencaan keuangan pun perlu disusun secara sistematis. Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan dalam merencanakan finansial di awal tahun?

Evaluasi Keuangan Setahun Terakhir

jelang tahun baru begini perencanaan finansial yang perlu dilakukan
©2021 Shutterstock

Sebelum melakukan perencanaan keuangan, penting untuk melihat kembali bagaimana kondisi finansial setahun terakhir. Melakukan evaluasi dan berbagai analisis terkait kondisi finansial saat ini akan penting sebagai gambaran yang bisa dilakukan di tahun depan.

Mengevaluasi pemasukan, pengeluaran, serta aspek lain seperti jumlah anggota keluarga, usia, kondisi kesehatan bisa dilakukan secara mendetail. Langkah ini pun sebagai persiapan sebelum merencanakan keuangan di tahun depan.

Menyusun Rencana Anggaran Tahun Depan

jelang tahun baru begini perencanaan finansial yang perlu dilakukan
©2021 Shutterstock

Mengingat betapa krusialnya menyusun rencana anggaran, maka penting untuk dilakukan secara detail dan menyeluruh. Misalnya pengeluaran rutin bulanan, agenda pembelian barang konsumsi baru, hingga Kredit Pemilikan Rumah juga perlu diperhatikan.

Selain itu, menyisipkan beberapa persen untuk dana darurat atau tabungan tak terduga akan mampu menyelamatkan ketika ada situasi tertentu. Cara ini akan membantu kestabilan finansial dalam menyongsong tahun 2022 mendatang.

Review dari Rencana Keuangan yang Telah Disusun

jelang tahun baru begini perencanaan finansial yang perlu dilakukan
©2021 Shutterstock

Meskipun penganggaran finansial sudah disusun sedemikian rupa, bukan berarti hal ini bersifat baku. Ada beberapa aspek yang membuat kondisi keuangan seseorang bisa berubah. Situasi seperti gangguan kesehatan atau lahirnya anggota baru tentu saja akan membutuhkan biaya besar dan berpotensi mengganggu kestabilan finansial.

Review rencana keuangan pun diperlukan secara berkala. Hal ini agar perubahan rencana yang terjadi tidak mengganggu stabilitas keuangan di kemudian hari.

Menyiapkan Investasi/Tabungan

jelang tahun baru begini perencanaan finansial yang perlu dilakukan
©2021 Shutterstock

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan, maka ada hal yang tak kalah penting selain perencanaan keuangan. Salah satu yang tak boleh dilewatkan adalah menyiapkan investasi atau tabungan.

Terpisah dengan dana darurat, investasi dan tabungan ini nantinya akan membantu menumbuhkan kondisi finansial secara berkala. Mulai dari menabung di rekening pribadi atau mencoba berbagai jenis tabungan seperti reksa dana akan membuat keuangan menjadi lebih stabil.

Penting untuk menyambut tahun baru dengan perencanaan finansial yang baik. Menyiapkan investasi dan tabungan pun juga akan semakin mempermudah mencapai kestabilan finansial di tahun mendatang. [jfw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Branded Content
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini