Jatuh bangun berdirinya Rumah Makan Padang Sederhana

Senin, 16 April 2018 09:00 Reporter : Tim Merdeka
Restoran Padang. ©2018 Money.id

Merdeka.com - Saat ingin makan masakan Padang, pasti yang terlintas dalam pikiran orang-orang adalah Rumah Makan Padang "Sederhana". Restoran ini bisa dibilang paling legend sejak berdiri pada 1972 dan tersebar di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Bustaman dan istri merupakan warga Sumatera Barat asli yang dulunya menetap di Lintau. Restoran ini mulai dirintis dari hanya berjualan pakai gerobak, kemudian menggunakan tenda dan berkembang menjadi kios yang bertempat di kawasan Pasar Benhil, Jakarta Pusat.

Restoran Sederhana cabang Benhil menjadi restoran pertama dari rumah makan ini. Sementara cabang Rawamangun menjadi salah satu ikon Sederhana, yang beroperasi sejak tahun 1978.

Bustaman (74) dan istrinya terus melebarkan usahanya dengan membuka beberapa cabang lainnya, yang saat ini jika ditotal mencapai 115 cabang yang tersebar di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Bali.

Kini Restoran Sederhana dikelola langsung di bawah naungan perusahaan PT Sederhana Abadanmitra mulai sejak 2006.

Salah satu staf PT Sederhana Abadanmitra Hari Purwanto mengatakan bahwa nama "Sederhana" tidak memiliki arti khusus, pun logo "SA" tercetus begitu saja yang diambil dari huruf depan "S" dan huruf belakang "A".

"Kemudian dengan banyaknya usaha serupa yang ikut-ikutan menggunakan nama "Sederhana" sebagai bagian dari merek usahanya, sekarang orang-orang suka mengartikan SA sebagai singkatan dari Sederhana Asli," kata Hari Purwanto seperti dikutip dari Money.id, Senin (16/4).

Topik berita Terkait:
  1. Padang
  2. Restoran
  3. Bisnis Kuliner
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini