Jarang Disadari, Ternyata 3 Sikap Orang Tua Ini bisa Membuat Anak Merasa Rendah Diri

Sabtu, 26 November 2022 21:19 Reporter : Gloria Ary
Jarang Disadari, Ternyata 3 Sikap Orang Tua Ini bisa Membuat Anak Merasa Rendah Diri Jarang Disadari, Ternyata 3 Sikap Orang Tua Ini bisa Membuat Anak Merasa Rendah Diri. ©Shutterstock

Merdeka.com - Beberapa orang tua terkadang tak sadar jika sudah membuat anaknya menjadi rendah diri. Padahal, sebagai anak-anak, sifat ini termasuk negatif dan tak boleh dibiarkan. Selagi masih kecil, mereka seharusnya dibiarkan berkreasi dan bebas dalam menentukan apa yang diinginkan.

Meski begitu, bukan mudah untuk menerapkan hal ini di dalam kehidupan. Apalagi, bila para ayah dan ibu menuntut mereka untuk jadi individu yang sempurna. Tak hanya itu, ternyata ada beberapa sikap orang tua lainnya lho yang mampu membuat si kecil jadi minder. Apa saja itu?

1. Membandingkan Anak dengan Orang Lain

jarang disadari ternyata 3 sikap orang tua ini bisa membuat anak merasa rendah diri
©Shutterstock

Pernah tidak ayah atau bunda membandingkan si kecil dengan teman-temannya? Entah itu dari segi kemampuan, kepintaran, hingga penampilan. Ternyata, sikap orang tua yang seperti ini bisa berpotensi membuat si kecil makin minder.

Yup, mereka bisa terus insecure dan tak percaya diri dengan apa yang dimiliki. Jika hal seperti ini terus berlanjut hingga mereka dewasa, maka tak menutup kemungkinan memicu penyakit psikis dan fisik, lho. Psikis di sini bisa berupa depresi, stress, dan masalah mental lainnya. Sementara fisik, anak bisa terkena bulimia, anorexia, dan sebagainya.

2. Memberikan Kritik Tak Membangun

jarang disadari ternyata 3 sikap orang tua ini bisa membuat anak merasa rendah diri
©Shutterstock

Memberikan kritik secara berlebihan kepada anak, ternyata bisa membuat mereka jadi mudah kehilangan kepercayaan diri dan depresi. Kondisi psikologis anak semakin bertambah buruk bila kritik yang diberikan sangat tak membangun dan memiliki konteks negatif. Jika terus berlanjut, maka akan muncul berbagai perasaan tak baik, seperti pesimis, takut, dan bahkan merasa tak berharga.

Alih-alih menjatuhkan anak, ibu dan ayah sebaiknya memberikan dukungan dan pujian atas apa yang telah dicapai oleh si kecil. Misalnya saja, memberikannya penghargaan ketika anak berhasil mendapatkan peringkat 10 besar di kelasnya. Selain itu, bisa pula membawanya jalan-jalan ke kebun binatang atau taman bermain sebagai reward telah menjadi anak yang bersikap baik ke siapapun.

3. Memiliki Ekspektasi yang Terlalu Tinggi

jarang disadari ternyata 3 sikap orang tua ini bisa membuat anak merasa rendah diri
©Shutterstock

Ada banyak orang tua yang memiliki ekspektasi terlalu tinggi terhadap anaknya. Meski begitu, mereka tak terlalu memahami sejauh apa kemampuan yang dimiliki oleh si kecil atau apakah anak-anak tersebut mampu dan bisa melakukan apa yang diharapkan oleh ayah dan ibu.

Berbagai keinginan yang berlebihan ini tak jarang mampu membuat si kecil semakin tertekan. Mereka pun bisa stress dan depresi. Apabila hal yang dituntut oleh orang tua tak terpenuhi, akhirnya si anak bisa merasa kecil hati dan tak merasa percaya diri. Karenanya, para orang tua harus mengetahui batasan-batasan yang dimiliki oleh anak dan memberikan tuntunan yang tepat agar mereka bisa berkembang dalam pengaruh yang baik.

Itulah beberapa sikap orang tua yang patut diwaspadai. Sebagai orang tua, tumbuh dan kembangnya seorang anak adalah tanggung jawab yang tak bisa dilepas. Semakin baik dan positif lingkungan yang ada di dekat mereka, maka kesempatan untuk menjadi individu yang berkualitas juga akan besar. Semoga bermanfaat.

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Initiative Content
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini