Jadikan customer sebagai sahabat, kunci sukses wanita ini

Rabu, 12 Maret 2014 19:04 Reporter : Anang Panca Kurniawan
Jadikan customer sebagai sahabat, kunci sukses wanita ini Success. ©2014 Merdeka.com/entrepreneur.com

Merdeka.com - Pelayanan yang baik memang jadi salah satu syarat penting agar usaha bisa terus berkembang dan bisa menarik banyak pelanggan. Hal ini juga disadari oleh Maria Anisah.

"Kami di Bali-Ratih.com ini memang selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik. Pengiriman yang cepat dan packing barang yang aman. Pokoknya, dibuat senyaman mungkin untuk pelanggan. Jadikan pelanggan sebagai sahabat," jelas wanita 30 tahun ini, mengenai prinsip usahanya.

Dengan cara itu, Maria yang menekuni bisnis ini bareng suaminya sejak lima tahun lalu, berhasil merangkul konsumen dari berbagai kalangan. Mulai anak sekolah, mahasiswa, ibu rumah tangga, wanita karir, bahkan hingga satpam.

"Iya, memang ada satpam suatu kantor yang sering mengambil barang di sini untuk dijual lagi di kantornya," cerita Maria, sambil tersenyum.

Ditambahkannya, selain pelayanan yang baik, ia pun selalu menjaga kualitas produknya. Untuk krim lulur, misalnya, produk yang dijualnya bisa lebih lembut. Body mist yang ditawarkannya pun juga lebih tahan lama, selain varian aroma yang banyak disuka oleh customer.

"Produk yang saya jual juga sudah mendapat izin dari BPOM," lanjutnya.

Maria Anisah dan keluarga, owner

Tak heran, pelanggan online shop milik Maria pun bisa tersebar ke seluruh Nusantara, dari Aceh hingga Papua. Omzet yang didapatkannya pun bisa dibilang lumayan menjanjikan.

"Omzet sih lumayan. Karena dalam sebulannya, kami bisa menjual 1.000-2.000 pcs dari 4 macam produk," jelasnya.

Meski begitu, seperti halnya bisnis lain, usaha yang ditekuni Maria ini pun tak luput dari masalah. Mulai pelanggan yang rewel hingga pengiriman barang yang tidak sampai ke tujuan.

"Karena tidak enak dengan klien dan menghindari hal-hal yang nggak diinginkan, akhirnya kami kirim ulang barang itu," ceritanya.

Untuk ke depannya, ia mengaku ingin membuka toko khusus Bali Ratih. Karena, selain yang dijualnya ini adalah produk asli Indonesia, produk ini juga belum banyak beredar.

"Dulu sih pernah buka outlet. Tetapi, karena jaraknya jauh dari rumah dan harus bolak-balik, akhirnya ditutup. Saya sendiri sebenarnya sudah cukup senang kalau bisa membantu mahasiswa atau ibu rumah tangga lainnya untuk bisa mendapat penghasilan sendiri," tutup wanita yang sedang menunggu kelahiran anak ketiganya. [pnc]

Topik berita Terkait:
  1. Online Shop
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini