Ini Syarat-Syarat Baru Penerbangan Domestik sampai 8 Februari 2021

Kamis, 28 Januari 2021 17:00 Reporter : Tantri Setyorini
Ini Syarat-Syarat Baru Penerbangan Domestik sampai 8 Februari 2021 Ilustrasi penerbangan. ©Pexels/Sourav Mishra

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 memaksa banyak orang untuk berdiam di rumah. Namun bagi sebagian orang, mobilitas setiap hari tak bisa dihindari. Ada juga yang masih harus melakukan perjalanan udara karena berbagai keperluan. Karena itulah, pemerintah terus memperbarui peraturan penerbangan di tengah pandemi. Begitu pula dengan penerbangan domestik.

Pemerintah telah mengeluarkan serangkaian peraturan baru terkait penerbangan domestik pada periode 26 Januari--8 Februari 2021. Peraturan tercantum dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 10 Tahun 2021. Hal ini juga diumumkan dalam unggahan di akun Instagram resmi PT Angkasa Pura I (Persero).

  1. Penumpang yang menuju Pulau Bali wajib menunjukkan Surat Keterangan negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam. Atau, hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam.
  2. Penumpang yang menuju selain Pulau Bali wajib menunjukkan Surat Keterangan negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam. Atau, hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam.
  3. Anak di bawah 12 tahun tak diwajibkan untuk menyertakan hasil tes PCR maupun rapid test antigen. Para penumpang juga wajib mengisi eHAC atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan.
  4. Penumpang penerbangan domestik juga diimbau untuk terbang dengan aman dan disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi.

Baca Selanjutnya: Panduan Mengisi eHAC...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Travel
  3. Maskapai Penerbangan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini