Ini pusat-pusat penjualan buku bekas di Kota Bandung

Jumat, 6 November 2015 19:15 Reporter : Iman Herdiana
Ini pusat-pusat penjualan buku bekas di Kota Bandung Toko buku bekas di Bandung. ©2015 Merdeka.com/Iman Herdiana

Merdeka.com - Pusat-pusat buku bekas di Kota Bandung pernah menjadi buruan para pecinta buku dari luar kota, bahkan luar negeri. Buku paling banyak dicari adalah buku antik yang umumnya tentang sejarah.

Kini di tengah dunia digital, sejumlah pusat penjualan buku bekas masih bertahan, meski tidak sedikit toko buku bekas yang gulung tikar. Berikut adalah pusat-pusat penjualan buku bekas yang masih beroperasi di Bandung.

Jalan Cikapundung Timur

Para pedagang buku di Jalan Cikapundung Timur disebut-sebut penjual buku bekas paling tua di Bandung. Mereka sudah beroperasi sejak tahun 60-an. Hingga kini beberapa penjual buku masih bertahan.

Mereka menjajakan bukunya di trotoar jalan di samping gedung PLN, tidak jauh dari Gedung Merdeka Jalan Asia-Afrika. Jika Anda beruntung, sejumlah buku antik bisa didapatkan di sini.

Selain buku, mereka menawarkan majalah-majalah bekas dunia. Pada perkembangan terkini, mereka tidak hanya menjual buku-buku bekas, tetapi mulai menawarkan buku baru.

Pasar Buku Palasari

Beroperasi di Jalan Palasari, pasar buku ini yang terbesar di Bandung. Para pedagang buku menawarkan berbagai jenis buku baru dan bekas, buku umum, agama, pelajaran sekolah dari TK hingga perguruan tinggi. Harga buku di Palasari dikenal miring. Selain itu pembeli bisa sekalian meminta bukunya disampuli plastik.

Jalan Dewi Sartika

Pedagang buku Jalan Dewi Sartika terletak di tengah-tengah Kota Bandung, tepatnya di sebelah selatan Alun-alun Bandung. Mereka menempati beberapa titik trotoar jalan dan emper toko pakaian. Di sini juga bisa ditemukan buku bekas dan baru dengan harga yang bisa ditawar.

Kios Buku Tjihapit

Terletak di Jalan Cihapit, tidak jauh dari perempatan Jalan Cihapit-Jalan Riau (Martadinata). Kios Buku Tjihapit memiliki sekitar 10 ribu judul buku; banyak buku antik, novel, buku pelajaran dan buku umum. Buku-buku di sini juga bisa ditawar, tergantung kondisi dan kelangkaan buku. Pada tahun 80-an, di Cihapit ada sekitar 5 kios buku. Kini yang bertahan tinggal Kios Buku Tjihapit.

Cicadas

Kios-kios buku di Cicadas terletak di Jalan A Yani, dekat persimpangan Cikutra-Kiaracondong. Ada beberapa pedagang buku di Cicadas. Harga buku di sini dikenal bersahabat.

Pasar Suci

Beberapa toko buku bekas terdapat di Pasar Suci, berseberangan dengan Masjid Pusat Dawah Islam (Pusdai). Ada beberapa kios yang masih aktif menjual buku bekas maupun buku baru. Kios buku di Pasar Suci termasuk kios buku tua yang hingga kini masih bertahan. [mtf]

Topik berita Terkait:
  1. Merdeka Bandung
  2. Bandung
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini