Ini pentingnya krim mata dan cara benar menggunakannya

Kamis, 4 Desember 2014 18:01 Reporter : Tantri Setyorini
Ini pentingnya krim mata dan cara benar menggunakannya Ilustrasi Krim Wajah. ©2015 Merdeka.com/Angeline Agustine

Merdeka.com - Belakangan ini eye cream atau krim mata telah menjadi produk kosmetik yang dibutuhkan para wanita. Berbagai merek kosmetik ternama berlomba-lomba mengeluarkan aneka jenis krim mata. Mulai dari yang diklaim bisa mengatasi gejala penuaan dini di sekitar mata hingga yang memiliki multi khasiat.

Ada yang bilang krim mata cuma cara perusahaan kosmetik untuk mengeruk keuntungan dari konsumen. Benarkah?

Menurut Patricia Farris, MD, ahli dermatologi dari Tulane University School of Medicine kepada situs WebMD, kulit di sekitar mata lebih rapuh, lebih rentan terhadap kekeringan, dan lebih cepat untuk menunjukkan tanda-tanda kelelahan dan penuaan.

Selain itu, menurut Laura J. Martin, MD, karena lebih tipis dibandingkan kulit di bagian tubuh lain, pertambahan usia membuat kulit di sekitar mata cenderung lebih kering. Hal ini karena produksi sebum (yang berfungsi untuk melembapkan dan menjaga elastisitas kulit) oleh kelenjar minyak mulai berkurang. Produksi minyak yang berkurang ini menyebabkan kulit di sekitar mata mengalami perubahan warna, pembengkakan, atau keriput.

Sementara krim wajah umumnya memiliki formula yang terlalu keras untuk kulit area sekitar mata ini. Karena itulah diperlukan krim mata yang diformulasikan khusus untuk kulit halus di sekitar mata. Krim mata biasanya mengandung lebih banyak minyak daripada krim wajah biasa dan memiliki banyak bahan aktif yang ditujukan untuk masalah di sekitar mata.

Berikut ini manfaat yang bisa didapat dari penggunaan krim mata secara teratur:

1. Membantu mencegah kekeringan di area mata

2. Mengatasi sembap dan kantung mata yang disebabkan pembengkakan pembuluh darah

3. Meringankan lingkaran hitam di bawah mata.

4. Memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan di sekitar mata

Anda bisa memilih krim mata yang tersedia di pasaran. Biasanya produk-produk ini sudah diformulasikan khusus untuk mencegah iritasi.

Lalu bagaimana cara yang benar dalam menggunakan krim mata? Menurut Dr. David Colbert, MD, kunci utama dalam penggunaan krim mata adalah:

1. Lakukan pijatan lembut

Lakukan pijatan ringan di area sekitar mata setelah krim diaplikasikan. Jangan terlalu menekan karena kulit sekitar mata sangat sensitif.

2. Biarkan meresap

Jika Anda menggunakan krim mata sebelum makeup, biarkan krim mata meresap selama satu menit sebelum mengaplikasikan makeup.

3. Secukupnya saja

Terpikir untuk memakai krim mata dalam jumlah besar demi manfaat maksimal? Lupakan saja. Menggunakan krim mata banyak-banyak justru akan membuat mata mudah iritasi. Selain itu Anda tidak akan mendapatkan manfaat lebih. Pakai secukupnya saja.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang krim mata. [tsr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini