Ini kelebihan orang introvert dibanding ekstrovert

Kamis, 9 April 2015 13:37 Reporter : Kun Sila Ananda
Ini kelebihan orang introvert dibanding ekstrovert Ilustrasi introvert. ©Shutterstock/Voyagerix

Merdeka.com - Setiap orang memiliki kecenderungan kepribadian introvert atau ekstrovert. Orang dengan dua kutub kepribadian ini melihat dunia dengan cara yang berbeda. Tentu tak ada yang lebih baik di antara keduanya, namun sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa dalam hal tertentu introvert memiliki kelebihan dibanding ekstrovert.

Penelitian yang dilakukan oleh Daniel C. Feiler dan Adam M. Kleinbaum dari Tuck Business School di Dartmouth College, ini mengungkap bahwa orang introvert lebih perseptif dan lebih dekat dengan realitas. Orang introvert melihat dunia dengan pandangan yang lebih dekat dan akurat dibandingkan dengan ekstrovert.

Hasil penelitian ini dilakukan pada 284 mahasiswa MBA dengan mengamati perilaku mereka berdasarkan kuesioner yang diberikan, seperti dilansir oleh Elite Daily.

Orang ekstrovert lebih berfokus pada hubungan mereka dengan orang lain. Hal ini disebut sebagai 'friendship paradox' atau paradoks pertemanan oleh para peneliti. Para ekstrovert selalu berpikir bahwa orang lain juga memiliki banyak teman seperti mereka dan memfokuskan diri pada pengungkapan diri pada orang lain.

Sebaliknya, orang introvert lebih sering memperhatikan dunia dan memiliki pandangan yang akurat terhadap dunia atau orang lain. Mereka juga diketahui lebih rendah diri. Meski begitu, tetap saja kelebihan ini tak bisa digeneralisir pada semua orang introvert.

Masing-masing introvert memiliki tingkatan dan bias mereka sendiri, sehingga keakuratan pandangan terhadap dunia dan kehidupan juga bergantung pada masing-masing orang. Peneliti masih akan melakukan penelitian lebih lanjut lagi dalam skala yang lebih besar untuk mengetahui hasil yang lebih pasti.

Bagaimana pendapat Anda mengenai hasil penelitian ini? Apakah setuju bahwa introvert memiliki pandangan yang lebih akurat dan lebih jelas terhadap dunia? [kun]

Topik berita Terkait:
  1. Psikologi Kepribadian
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini