Ini dia penyebab AC di rumah cepat rusak

Selasa, 5 Desember 2017 15:39 Reporter : Iwan Tantomi
Ini dia penyebab AC di rumah cepat rusak Ini dia penyebab AC di rumah cepat rusak. ©Shutterstock

Merdeka.com - Hampir sebagian besar orang yang tinggal di perkotaan mampu membeli AC. Di masa sekarang pun, AC tak sepenuhnya dianggap barang mewah lagi. Harga AC yang variatif, membuat masyarakat dapat memilih penyejuk ruangan yang tepat, termasuk pertimbangan memilih AC hemat daya. Tentunya, agar konsumsi listrik yang digunakan tidak terlalu besar.

Hanya tak produk AC bisa tahan lama. Selain kualitas, penggunaan AC yang kurang tepat juga dapat mendatangkan kerusakan lebih cepat. Lebih lengkap, berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan AC di rumah cepat rusak.

Tegangan Listrik di Rumah yang Tak Stabil
Tegangan listrik yang tak stabil agaknya cukup umum jika kerap menyebabkan peralatan elektronik cepat rusak, tak terkecuali AC. Apabila tengan listrik di rumah tidak stabil, hal ini dapat menyebabkan perangkat dalam AC. Dengan tegangan listrik yang naik turun, kompresor AC akan lebih mudah mengalami kerusakan.

Lebih jauh, rangkaian PCB AC juga tak luput terkena imbasnya. Sebab, bagian tersebut merupakan penampang rangkaian listrik dalam AC. Berulang kali terkena imbas listrik di rumah yang tak stabil, bisa saja membuat PCB terbakar maupun mengalami kerusakan, bahkan untuk AC lowwatt sekalipun.

Debu dan Karat yang Menerpa AC
Mustahil rasanya hidup di perkotaan tanpa terkena debu. Jika manusia saja dapat batuk kala menghirup debu, maka AC pun dapat mengalami imbas pula. Terlebih ukuran debu yang ekstra kecil, membuatnya sulit disadari saat masuk ke dalam AC. Padahal, meski sepele, dampak kerusakan pada AC yang ditimbulkan oleh debu ini bisa mengenaik bagian dalam maupun luar. Tak terkecuali kondensor yang berada di bagian luar. Jika jarang dibersihkan, kondensor akan mengalami kerusakan serius, seperti kebocoran pada unit AC.

Selain debu, karat juga menjadi masalah serius penyebab AC di rumah cepat rusak. Selain bagian luar, karat juga bisa menyerang bagian vital dari AC, termasuk PCB. Apalagi modul ini sebagian besar berada pada unit luar AC, sehingga riskan mengalami kerusakan.

Di sinilah pentingnya membuat pertimbangan matang sejak awal pembelian AC. Kabar baiknya, AC Inventer LG Dual Cool Series dapat menjadi pilihan utama. AC hemat listrik ini dipersenjatai dengan fitur Active Energy Control. Lewat remote control yang disediakan, konsumsi daya bisa diatur dari 40%, 60%, hingga 80% dari tegangan listrik yang ada di rumah.

Ini dia penyebab AC di rumah cepat rusak LG Electronics Indonesia


Kendala AC rusak akibat tegangan listrik tak stabil di rumah pun dapat diminimalkan. Terlebih AC LG Dual Cool Series juga dilengkapi fitur MultiWATT Option, yang sekali lagi dapat membuat konsumsi listrik di rumah bisa lebih dihemat penggunaannya. Perangkat AC ini juga sudah ditingkatkan ketahanan penggunaannya. Seluruh bagiannya dilengkapi dengan teknologi anti-karat untuk mencegah kerusakan lebih cepat. Sementara untuk menjamin kualitas produknya, LG bahkan memberikan garansi 10 tahun guna mengantisipasi kerusakan kompresor di kemudian hari.

Bicara tentang debu, lagi-lagi AC LG Dual Cool Series ini telah dilengkapi fitur MicroDust Filter. Dengan fitur tersebut, partikel super kecil seperti debu dan bakteri dapat disaring. Udara yang dihembuskan di dalam ruangan pun, tak sekadar memberikan kesejukan, tetapi juga turut mendukung kesehatan pernapasan. Dan, yang tak kalah penting, AC LG Dual Cool Series juga dilengkapi Jet Cool. Lewat fitur itulah, kesejukan dapat dihadirkan lebih cepat, sekaligus dapat dipertahankan sesuai suhu ruangan yang diinginkan. Info lebih lengkap klik di sini.

[wri]

Topik berita Terkait:
  1. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini