Ini alasan kenapa kita suka makanan yang tidak sehat

Senin, 1 Februari 2016 14:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini alasan kenapa kita suka makanan yang tidak sehat Ilustrasi makan junk food. ©Shutterstock.com/Poznyakov

Merdeka.com - Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food, atau jajanan yang belum dapat dipastikan kebersihannya seperti cilok, gorengan dan lain sebagainya merupakan hal wajar yang biasa dilakukan banyak orang. Tetapi ternyata kesukaan terhadap makanan-makanan tersebut ternyata tidak hanya disebabkan oleh rasa yang terkandung di dalamnya melainkan melalui daya tarik dan bahaya yang terkandung di dalamnya.

Dilansir dari The Sun, sebuah penelitian dari International School for Advanced Studies di Italia mencoba melihat cara pandang seseorang terhadap berbagai makanan baik dalam kondisi sadar maupun tidak. Melalui penelitian tersebut diketahui bahwa daya tarik yang muncul dari bahaya sebuah makanan merupakan hal yang membuat seseorang menjadi suka dan tertarik pada sebuah makanan. Efek yang ditimbulkan oleh makanan tersebut dianggap sama dengan ketertarikan wanita terhadap bad boy.

Penelitian tersebut menggunakan 57 partisipan dari orang-orang yang memiliki berat badan normal dan meminta mereka membuat penilaian mengenai sebuah makanan. Partisipan diminta untuk menilai beberapa hal termasuk rasa suka mereka serta kandungan kesehatan yang dimiliki oleh makanan tersebut.

Berdasar percobaan tersebut diketahui bahwa seseorang berpikiran negatif terhadap makanan yang yang mereka anggap tidak sehat. Namun di sisi lain hal tersebut justru semakin meningkatkan daya tarik dan keinginan untuk mengonsumsi makanan tersebut.

Kepala penelitian tersebut, Fransesco Foroni mengatakan bahwa bahaya yang dikandung oleh makanan tersebut membuat perhatian seseorang menjadi tertarik. Hal ini juga menjadi bukti bahwa mengapa seseorang sulit sekali untuk melakukan diet sebab naluri manusia telah membuatnya untuk menjadi tertarik pada makanan-makanan yang tidak menyehatkan tersebut. [RWP]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini