KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Ini 9 perawatan penting buat si rambut keriting

Senin, 1 Februari 2016 17:46 Reporter : Tantri Setyorini
Ilustrasi rambut keriting. © diyourself.ru

Merdeka.com - Kamu punya rambut keriting atau berombak seperti Atiqah Hasiholan? Nggak perlu iri sama yang punya rambut lurus. Rambut keriting, ikal, atau bergelombang juga bisa terlihat memesona. Paling tidak kamu nggak perlu pakai curling iron untuk tampil glamor.

Tetapi rambut keriting memang memerlukan perhatian ekstra. Pasalnya jenis rambut seperti ini cenderung lebih mudah kering. Apalagi kalau kamu memang memiliki jenis rambut keriting yang kasar.

Agar mahkotamu selalu terlihat indah, coba simak dan praktikkan 10 perawatan khusus untuk rambut keriting berikut ini.

Pilih produk khusus rambut keriting

Ilustrasi produk perawatan untuk rambut keriting © Independent UK

Pilih produk perawatan khusus untuk rambut keriting yang tersedia di pasaran. Biasanya produk perawatan seperti ini terdiri dari sampo, kondisioner, dan serum atau styling product.

Kalau kamu kesulitan untuk menemukan produk perawatan khusus rambut keriting, coba pakai produk perawatan rambut rusak. Biasanya produk seperti ini memiliki formula yang hampir sama dengan produk khusus rambut keriting.

Aplikasikan kondisioner ekstra

Ilustrasi menggunakan conditioner ©Shutterstock

Kondisioner setelah keramas saja tak cukup untuk menjadikan rambut keritingmu mudah diatur. Aplikasikan leave-in conditioner pada rambut yang sudah kering. Ini berguna untuk menaklukkan rambut yang liar.

Jauhi hair iron

Catok pelurus rambut ©2014 Beautybar com

Rambut keriting yang kering dan kasar akan terlihat seperti sarang burung. Untuk mencegah hal ini, sebisa mungkin kurangi penggunaan hair iron.

Pakai handuk lembut untuk keringkan rambut

Ilustrasi mengeringkan rambut dengan handuk ©Womensfreesamples.com

Handuk biasa memiliki permukaan kasar yang bisa merusak batang rambut. Untuk itu gunakan handuk microfiber yang memiliki serat lembut untuk keringkan rambut.

Kamu juga bisa menggunakan kaos lama yang sudah tidak dipakai lagi sebagai handuk pengering rambut.

Gunakan sisir bergigi jarang

Sisir rambut bergigi jarang ©2014 Runningwithspoons.com

Rambut keriting cenderung lebih mudah kusut. Untuk mengatasinya, jangan sisir rambut begitu saja. Ini bisa membuat rambut rontok. Uraikan rambut perlahan-lahan dengan sisir bergigi jarang atau atau detangling spray.

Gunakan sarung bantal satin


Ilustrasi tidur dengan sarung bantal satin © iStock

Sarung bantal dengan serat kasar juga bisa menggesek rambut dan menyebabkan kerusakan pada permukaannya. Untuk menghindari hal ini, gunakan sarung bantal dari bahan satin yang lebih ramah bagi rambut.

Rawat dengan hair mask secara teratur

Ilustrasi masker rambut ©2015 Merdeka.com/Thinkstock/Pixland

Perawatan rutin dengan hair mask merupakan solusi terbaik untuk menaklukkan keriting. Kamu bisa menggunakan hair mask yang beredar di pasaran atau membuat campuran hair mask sendiri dengan bahan-bahan alami seperti avokad, telur, atau bunga sepatu.

Berikan perhatian lebih dengn hot oil


Minyak alami untuk rambut - Sociolla ©2015 Merdeka.com/Sociolla

Selain hair mask, perawatan dengan hot oil secara teratur juga penting untuk menjaga kilauan dan volume sehat ikal rambutmu.

Pilih minyak alami yang paling sesuai untukmu, misalnya zaitun, kelapa, almond, atau jojoba. Panaskan air dalam pancir kecil hingga mendidih. Angkat dan celupkan dasar botol minyak nabati ke dalam air hingga minyak di dalamnya hangat. Aplikasikan hot oil pada helaian rambut. Lakukan pijatan ringan ke arah kulit kepala agar nutrisi minyak merata.

Kuncir rambut saat tidur

Ilustrasi mengikat rambut © www.beautybend.com

Agar rambut ikalmu tak kusut masai saat bangun tidur, ikat rambut sebelum tidur. Jangan mengikat terlalu kuat. Buat ikatan longgar mulai dari pertengahan rambut, kemudian tempatkan di atas bantal.

Itulah beberapa tips perawatan sederhana namun penting untuk rambut ikal dan keriting. [tsr]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.