Ini 6 jenis masker wajah yang beredar di pasaran dan manfaatnya bagi tiap jenis kulit

Rabu, 18 Oktober 2017 15:36 Reporter : Tantri Setyorini
Ini 6 jenis masker wajah yang beredar di pasaran dan manfaatnya bagi tiap jenis kulit Ilustrasi Masker Wajah. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Saat ini ada begitu banyak jenis produk kecantikan yang beredar di pasaran. Salah satunya adalah masker wajah. Begitu banyak tipe, kandungan, dan khasiat yang ditawarkan sehingga kita bingung memilihnya. Tetapi menurut Helen McGuinness, terapis kecantikan dan penulis buku Facials & Skincare in Essence, sebenarnya hanya ada 6 jenis masker wajah. Selebihnya adalah produk masker yang ditawarkan dengan nama berbeda saja.

Berikut ini berbagai jenis masker wajah yang bisa ditemui di pasaran dan kegunaannya masing-masing, dilansir dari SheKnows.

Masker tanah liat (clay mask)

ilustrasi masker wajah

Ilustrasi masker wajah © Athar'a


Clay mask menggunakan campuran tanah liat alami. Jenis masker ini diklaim bisa membersihkan kulit hingga ke tingkat pori-pori karena bisa menarik kotoran ke permukaan selagi mengalami proses pengeringan.

Clay mask ideal untuk orang-orang yang memiliki kulit normal hingga berminyak, terutama bagi mereka yang ingin menyerap minyak berlebih tanpa menjadikan kulit kering.

Masker Peel-off

ilustrasi masker wajah

Ilustrasi masker wajah © Shutterstock


Peel-off mask biasanya berbentuk gel yang akan berubah menjadi lapisan serupa karet tipis setelah dioleskan ke wajah. Masker seperti ini biasanya bersifat mendinginkan dan melancarkan peredaran darah. Namun efek pembersihnya tidak sekuat clay mask.

Masker peel-off paling sesuai untuk orang-orang berkulit kering atau kulit yang sudah mulai menua.

Masker termal

Masker termal memiliki ciri khas berupa rasa hangat yang meningkat secara bertahap setelah dioleskan ke wajah. Fungsinya adalah menghangatkan jaringan di permukaan, membuka pori-pori, dan mendorong kulit untuk 'bernapas'.

Masker krim

ilustrasi masker wajah

Ilustrasi masker wajah ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/images72

Masker krim biasanya mengandung emolien yang berkhasiat untuk melembutkan kulit. Cocok bagi orang-orang dengan kulit normal sampai kering yang ingin meremajakan kulit wajah dengan meningkatkan kelembapan.

Masker minyak hangat (warm oil)

ilustrasi minyak alami

Ilustrasi minyak alami ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Rafinaded


Masker minyak hangat biasanya dioleskan di spa dan mengandung minyak almond, minyak zaitun, atau minyak vitamin. Sangat baik untuk kulit kering atau matang karena dapat melembutkan dan meningkatkan sirkulasi darah ke wajah.

Masker alami

ilustrasi masker wajah

Ilustrasi masker wajah ©Shyma.co

Masker alami memanfaatkan khasiat alami dari buah-buahan, tumbuhan, dan rempah-rempah seperti mentimun, pepaya, dan oatmeal. Bisa berbentuk krim atau sheet mask yang sekarang sedang populer. Biasanya cocok untuk segala jenis kulit.

Itulah berbagai jenis masker yang tersedia di pasaran dan fungsinya masing-masing. [tsr]

Baca juga:
Ini 2 jenis masker alami yang jadi rahasia kulit sempurna Song Hye-kyo
Awet muda lebih lama dengan khasiat ampuh mentimun
Bebaskan wajah dari 5 masalah kecantikan dengan masker kunyit

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini