Ini 5 kualitas yang bikin orang hobi baca berbakat sukses

Selasa, 21 April 2015 17:38 Reporter : Tantri Setyorini
Ini 5 kualitas yang bikin orang hobi baca berbakat sukses Ilustrasi membaca. ©2015 Merdeka.com/Lifehack

Merdeka.com - Orang yang hobi membaca cenderung lebih cerdas. Orang yang hobi membaca mempunyai daya imajinasi yang tinggi. Itu merupakan beberapa dari manfaat membaca yang bisa didapatkan.

Tak hanya bermanfaat sebagai 'makanan' mental, ternyata hobi membaca membuat orang mengembangkan kualitas pribadi yang sama dengan orang-orang sukses.

Apa saja kualitas sukses yang dimiliki oleh para penggila bacaan? Berikut ini kami rangkum beberapa di antaranya yang dirangkum dari situs Lifehack.

1. Fokus

Orang-orang yang cinta membaca umumnya memiliki fokus yang tinggi untuk menyelesaikan bacaan. Begitu juga dengan orang-orang sukses macam Walt Disney. Mereka selalu fokus untuk mencapai target yang sudah ditetapkan, meskipun prosesnya memakan waktu lama dan penuh halangan.

2. Memiliki pengetahuan yang luas

Orang yang hobi membaca biasanya akan mencoba menikmati berbagai jenis bacaan dengan beragam genre. Dari bacaan yang variatif inilah mereka memperoleh pengetahuan dari berbagai bidang ilmu.

Pengetahuan yang luas diperlukan oleh orang yang ingin mencapai sukses. Karena pengetahuan yang terbatas membatasi seseorang dari gagasan-gagasan cemerlang yang biasanya didapat dengan memadukan beberapa konsep dari bidang yang berlainan.

3. Kaya akan sudut pandang

Dengan membaca orang akan berkenalan dengan berbagai macam ide, gagasan, dan ideologi. Dan hal ini bisa membuat pikiran mereka lebih terbuka akan berbagai sudut pandang.

Orang-orang yang berhasil mencapai kesuksesan dengan tangan sendiri umumnya memiliki sudut pandang yang berbeda dari orang kebanyakan. Dengan pemikiran yang out of the box mereka berhasil menciptakan inovasi yang tak pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya.

4. Introspektif

Membaca merupakan sarana untuk bercermin. Melalui opini yang terbentuk atas suatu tokoh atau cerita kita bisa lebih mudah introspeksi.

Seseorang yang ingin sukses tentu saja harus bisa introspeksi terhadap kesalahan-kesalahan yang ia buat dalam proses meraih kesuksesan. Dengan begitu ia bisa mengambil pelajaran dari kegagalan dan mencoba mencari solusi yang lebih tepat jika kelak menghadapi masalah yang sama.

5. Menghabiskan waktu secara efisien

Jika cuma punya waktu luang 10 menit, kemungkinan besar kita akan menghabiskan waktu tersebut dengan kegiatan yang tak terlalu produktif. Namun orang yang hobi membaca biasa menghabiskan waktu luang terbatas ini untuk memperoleh pengetahuan baru dengan membaca.

Prinsip yang sama dimiliki oleh orang-orang sukses. Mereka selalu berusaha untuk menghabiskan waktu secara efisien. Jangan sampai ada waktu yang terbuang percuma, meskipun cuma 5 atau 10 menit.

Itulah lima kualitas 'rawan' sukses yang dimiliki para penggila bacaan. [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Psikologi Kepribadian
  3. Top List
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini