KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Indonesia masuk deretan 8 lokasi buangan sampah negara-negara barat

Jumat, 18 September 2015 00:04 Reporter : Tantri Setyorini
Negara-negara yang menjadi tempat pembuangan sampah negara barat - Nigeria.
2. Nigeria

Merdeka.com - Diperkirakan 15 kontainer barang elektronik bekas tiba di Nigeria setiap harinya. Barang-barang bekas ini tiba di kota pelabuhan Lagos yang juga berfungsi sebagai pasar gelap untuk barang-barang elektronik.Sayangnya, sebagian besar barang elektronik yang didatangkan dari negara-negara industri ini sudah rusak parah sehingga harus berakhir di tempat pembuangan sampah. Hal ini diperparah dengan tingginya produksi limbah rumah tangga di Nigeria.

Dilansir The Economist, Lagos menampung sekitar 10.000 ton sampah setiap harinya. Hanya 13 persen yang bisa didaur ulang. Namun hal ini tak dapat menghentikan warga Lagos dan daerah sekitarnya untuk terjun ke tempat-tempat pembuangan sampah dan mengeruk rezeki dari sisa-sisa limbah elektronik. Hal ini bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius bagi warga.

Pemerintah Nigeri mencoba menyiasatinya dengan sistem manajemen sampah waste-to energy (WTE).Gas metan yang meruap dari sampah busuk di TPA-TPA akan diolah menjadi energi pembangkit listrik. Jika rencana ini berhasil, dalam 5 tahun warga Nigeria bisa menikmati 25 MW listrik dengan bahan bakar limbah.

Photo source: Sunday Alamba

Topik berita Terkait:
  1. Travel
  2. Top List
  3. Jakarta

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.