Holy Grail Skincare, Begini Cara Penggunaan Retinol untuk Maksimalkan Perawatan Kulit

Selasa, 24 Mei 2022 16:34 Reporter : Wuri
Holy Grail Skincare, Begini Cara Penggunaan Retinol untuk Maksimalkan Perawatan Kulit Holy Grail Skincare, Begini Cara Penggunaan Retinol untuk Maksimalkan Perawatan Kulit. ©Shutterstock

Merdeka.com - Bicara soal formula dalam skincare yang bekerja efektif merawat kulit, retinol jelas masih jadi favorit para beauty enthusiast. Dianggap sebagai holy grail skincare, retinol membantu untuk mencegah penuaan dini sekaligus mengatasi masalah jerawat yang membandel. Bahan aktif yang satu ini bekerja dengan baik untuk mencegah penuaan dini sekaligus mengatasi masalah jerawat yang membandel. Cara kerjanya adalah dengan membantu proses regenerasi sel kulit mati dan meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit.

Tapi, ada aturan tersendiri dalam menggunakan retinol supaya tidak menyebabkan breakout, kulit kering, hingga iritasi. Intip dulu cara penggunaan retinol yang penting untuk perawatan kulitmu, yuk!

2 dari 4 halaman

Temukan Produk Retinol yang Berkulitas

holy grail skincare begini cara penggunaan retinol untuk maksimalkan perawatan kulit
©Shutterstock

Sudah bukan rahasia lagi kalau retinol termasuk salah satu produk skincare yang cukup pricey. Meskipun sekarang sudah banyak bermunculan skincare retinol dari brand lokal dengan harga yang lebih terjangkau, tapi tetap perhatikan kualitas produk yang digunakan lho.

Sebelum membeli produk, perhatikan selalu keamanan dari bahan-bahan yang digunakan. Cek juga review pembeli yang lain untuk meyakinkan kalau produk tersebut adalah pilihan yang tepat.

Gunakan dalam Kondisi Kulit Benar-Benar Kering

holy grail skincare begini cara penggunaan retinol untuk maksimalkan perawatan kulit
©Shutterstock

Jika penggunaan skincare lain biasanya dilakukan setelah mencuci wajah, di mana kondisi kulit masih dalam keadaan lembap, jangan terapkan hal tersebut saat menggunakan retinol. Setidaknya tunggu sekitar 20 menit hingga wajah benar-benar kering.

Hal ini penting karena penggunaan saat baru saja mencuci wajah bisa membuat kulit rentan mengalami kekeringan, kemerahan, dan kondisi perih seperti tertarik. Demi mendapatkan manfaat retinol yang maksimal, gunakan saat kulit sudah benar-benar kering.

3 dari 4 halaman

Selalu Gunakan Sunscreen

holy grail skincare begini cara penggunaan retinol untuk maksimalkan perawatan kulit
©Shutterstock

Mengalami kondisi kemerahan setelah beraktivitas di luar rumah saat menggunakan skincare yang mengandung retinol? Well, bisa jadi kamu lupa menggunakan sunscreen. Ini dia salah satu produk skincare yang nggak boleh dilewatkan selama menggunakan retinol untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari.

Penggunaan bahan aktif tersebut bisa membuat kulit jadi lebih peka terhadap sinar matahari. Efeknya adalah wajah jadi kemerahan, tampak kusam, bahkan parahnya bisa mengalami iritasi. Jadi, pastikan selalu gunakan sunscreen ya!

Bolehkan Digunakan Berbarengan dengan AHA/BHA?

holy grail skincare begini cara penggunaan retinol untuk maksimalkan perawatan kulit
©Shutterstock

Selain retinol, kandungan sunscreen yang lagi naik daun belakangan ini adalah AHA/BHA. Bahan aktif ini bekerja sebagai eksfoliator yang mengangkat sel kulit mati secara menyeluruh di permukaan kulit. Saat menggunakan retinol, biasanya kulit akan lebih sensitif. Jadi, sebaiknya hindari produk eksfoliator AHA/BHA dan skincare lain yang mengandung benzoil peroksida.

Solusinya, kamu bisa menggunakan produk secara berselang-seling. Jika hari ini kamu menggunakan retinol, maka beri jeda hingga 2x24 jam jika ingin menggunakan AHA/BHA, begitu pun sebaliknya. Hal tersebut untuk meminimalisir efek kemerahan dan iritasi yang pastinya ingin kamu hindari.

4 dari 4 halaman

Gunakan Bersama Produk yang Tepat

holy grail skincare begini cara penggunaan retinol untuk maksimalkan perawatan kulit
©Shutterstock

Demi mendapatkan hasil perawatan kulit yang maksimal, jangan hanya menggantungkan harapanmu pada retinol saja. Gunakan juga bersama produk perawatan lain yang bisa membuat hasilnya lebih maksimal. Salah satunya adalah moisturizer yang bekerja untuk menjaga kelembapan alami kulit.

Pilih pelembap yang mengandung hyaluronic acid atau ceramide. Kedua bahan tersebut bukan saja bisa memberikan kelembapan maksimal untuk kulit, tapi juga bisa menjadi perfect match saat melakukan perawatan wajah dengan retinol.

Pahami berbagai aturan penggunaan retinol demi memaksimalkan perawatan kulit yang kamu lakukan di rumah. Selamat mencoba ya!

[wri]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini