Gunung Popa, Rumah 37 Roh Terkuat di Myanmar

Rabu, 9 Oktober 2019 18:07 Reporter : Tantri Setyorini
Gunung Popa, Rumah 37 Roh Terkuat di Myanmar Gunung Popa. ©Shutterstock

Merdeka.com - Jika menyebut situs religi populer di Myanmar, mungkin Pagoda Shwedagon dan Bagan adalah dua nama pertama yang bakal direkomendasikan kepada wisatawan. Namun sebenarnya masih ada satu situs religi lagi yang layak dikunjungi, yaitu Gunung Popa.

1 dari 3 halaman

Kuil di Puncak Gunung Mati

Gunung Popa adalah sebuah gunung berapi yang sudah lama mati. Terletak di ketinggian 1518 meter dari permukaan laut.

Gunung ini berada di pusat Myanmar, tepatnya di wilayah Mandalay. Lokasinya sendiri tak jauh dari Bagan yang dikenal sebagai daerah dengan ratusan kuil.

Gunung Popa dikenal sebagai situs religi populer dengan kompleks kuil Nat berdiri di puncaknya. Kompleks bangunan tersebut adalah Taung Kalat yang berfungsi sebagai kuil dan biara.

2 dari 3 halaman

Rumah 37 Roh Nat

Menurut artikel yang dilansir MailOnline, Taung Kalat dan keseluruhan Gunung Popa adalah rumah bagi Nat, 37 roh berkekuatan gaib yang dipuja warga Myanmar. Taung Kalat sendiri adalah situs pemujaan terpenting bagi roh-roh Nat terkuat, Jadi tak heran kalau wilayah ini juga disebut sebagai Gunung Olympus-nya Myanmar.

3 dari 3 halaman

800 Tangga Menuju Negeri di Atas Awan

Taung Kalat juga merupakan objek wisata religi. Wisatawan yang mengikuti paket wisata Mandalay kemungkinan besar akan diajak ke situs ini.

Ada 800 anak tangga yang harus didaki sebelum mencapai lokasi kuil. Namun pemandangan dari puncak gunung mati ini bakal sepadan dengan deras keringat yang bercucuran saat mencapainya. [tsr]

Baca juga:
Kawasan Masjid Syekh Nawawi Tanara Mulai Ditata Menjadi Islamic Center
Taman Quran, Pesona Baru Dubai yang Wajib Dikunjungi
Lebih Dekat dengan Masjid Laleli di Turki yang Dikunjungi Dimas Seto dan Arie Untung
Bukan Hanya di Indonesia, Masjid Kubah Emas Juga Ada di Singapura

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini