Gua Digital: Topik Transformasi Digital di B20 adalah Kunci Pemulihan Ekonomi

Senin, 21 November 2022 18:42 Reporter : Tantri Setyorini
Gua Digital: Topik Transformasi Digital di B20 adalah Kunci Pemulihan Ekonomi Gua Digital di Forum B20 pada gelaran konferensi G20. ©2022 Gua Digital

Merdeka.com - B20 sebagai forum resmi G20 yang mewakili komunitas bisnis global, memformulasikan rekomendasi kebijakan atas sejumlah isu global yang selaras dengan agenda G20. Sebagai bagian dari G20, program B20 adalah selaras dengan prioritas G20 untuk tiga agenda yaitu global health architecture, energy transition dan digital transformation.

B20 dihadiri oleh berbagai tokoh bisnis nasional seperti CEO GoTo, Andre Soelistyo; CEO PT Bakrie Brothers, Anindya Bakrie; dan tokoh bisnis internasional baik langsung maupun virtual seperti Elon Musk. B20 juga dihadiri oleh berbagai pemimpin perusahaan seperti CEO perusahaan terkenal di dunia dan juga dihadiri oleh berbagai pemimpin negara seperti presiden, perdana menteri dan jajaran menteri dari berbagai negara anggota G20

Kailash Raghuwanshi, CEO dari Gua Digital, sebuah perusahaan teknologi informasi yang fokus pada transformasi digital, berpendapat bahwa forum B20 sangatlah krusial untuk pemulihan ekonomi Indonesia terutama pada sektor transformasi digital yang merupakan salah satu dari tiga agenda G20.

2 dari 2 halaman

gua digital di forum b20 pada gelaran konferensi g20

©2022 Gua Digital

Menurut Kailash, transformasi digital adalah kunci utama pemulihan ekonomi Indonesia dari berbagai sektor baik dari kesehatan, pariwisata, energi maupun sektor UMKM.

Gua Digital sebagai penyedia transformasi digital, menghadiri perhelatan B20 pada 13-14 November dan memberikan gagasan kepada para CEO yang hadir untuk berkolaborasi menciptakan ekosistem transformasi digital dari berbagai aspek, salah satunya adalah sumber daya manusia di bidang teknologi.

Menurutnya, sumber daya manusia di bidang teknologi masih dapat ditingkatkan jika dibandingkan negara dengan SDM teknologi yang kuat seperti India. Padahal menurutnya, talenta teknologi di Indonesia dapat bersaing di kancah global dan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia di sektor teknologi dan alih daya.

COO Gua Digital, Mahardika Prima, percaya bahwa transformasi digital pada berbagai sektor dapat mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia untuk bersiap menghadapi tantangan global dimulai dengan keterampilan pengolahan dan penggunaan data. Data menjadi hal yang sangat penting bagi berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta untuk mengambil keputusan dan melakukan inovasi yang berkepanjangan.

Gua Digital juga akan menghadiri kembali acara KTT G20 selanjutnya di India pada bulan September 2023. [tsr]

Baca juga:
Ini Isi Kesepakatan Bisnis dari Forum B20
Forum B20 Summit Dorong Kesetaraan Gender di Bidang Ekonomi
Airlangga Ajak Amazon Bangun Pusat Pendidikan di RI

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. GoTo
  3. B20
  4. KTT G20
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini