Gangguan bisa membantu memilih keputusan yang tepat

Rabu, 3 Juli 2013 10:08 Reporter : Kun Sila Ananda
Gangguan bisa membantu memilih keputusan yang tepat Ilustrasi membuat keputusan. ©Shutterstock.com/JohnKwan

Merdeka.com - Mendapatkan gangguan, terutama saat Anda harus membuat keputusan, tentu bukan hal yang menyenangkan. Namun jangan mengeluh dulu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gangguan ternyata bisa membantu anda membuat keputusan yang lebih baik.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal psychological Science ini menjelaskan bahwa Anda bisa membuat keputusan yang tepat dan lebih baik setelah gangguan daripada setelah beberapa waktu berpikir secara fokus tanpa gangguan.

Dalam penelitian ini, partisipan diminta untuk menjawab pertanyaan untuk memecahkan masalah yang rumit. Kemudian beberapa partisipan diminta untuk melakukan permainan sebagai bentuk gangguan. Sementara partisipan lainnya diberikan waktu tenang untuk fokus dan berpikir mengenai masalah tersebut.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa partisipan yang kembali setelah melakukan permainan (sebagai bentuk gangguan) ternyata memiliki kesempatan 75 persen untuk mengambil keputusan yang benar. Sementara partisipan yang diberikan waktu tenang untuk fokus memiliki kesempatan hanya 40 persen untuk mengambil keputusan dengan benar.

Namun peneliti mengungkap bahwa hal ini hanya berlaku jika partisipan mendapatkan gangguan yang ringan, seperti dilansir oleh Inc.com (01/07). Partisipan yang diberikan gangguan berat badan rumit memiliki kemungkinan 40 persen memilih keputusan yang tepat.

Jadi, jika suatu saat Anda bingung dalam memutuskan sesuatu atau memecahkan masalah, ada baiknya melakukan beberapa aktivitas lain di luar pekerjaan. Seperti bermain Solitaire untuk menyegarkan pikiran, mungkin? [kun]

Topik berita Terkait:
  1. Tips Karir
  2. Penelitian
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini