Fushimi Inari Taisha, kuil seribu gerbang di Memoirs of a Geisha

Senin, 22 Juni 2020 14:41 Reporter : Tantri Setyorini
Fushimi Inari Taisha, kuil seribu gerbang di Memoirs of a Geisha Fushimi Inari Taisha. ©Pixabay

Merdeka.com - Anda pernah menyaksikan film Memoirs of a Geisha? Bukankah lokasi-lokasi yang jadi latar dalam film adaptasi novel karangan Arthur Golden tersebut sangat indah? Jika Anda perhatikan, lokasi yang paling menonjol dalam film tersebut adalah deretan gerbang merah yang muncul di awal film. Kuil tersebut adalah Fushimi Inari Taisha, salah satu kuil paling penting di Jepang.

Fushimi Inari Taisha juga menjadi salah satu lokasi paling fotogenik di Kyoto. Para wisatawan selalu menyempatkan diri untuk berfoto di gerbang-gerbang kuilnya yang berwarna merah cerah itu.

1 dari 3 halaman

Kuil Merah Darah yang Dibangun Hideyoshi Toyotomi

fushimi inari taisha

©Pixabay

Kuil Fushimi Inari Taisha terkenal karena deretan gerbang torii berwarna merah yang menjadi ciri khasnya. Torii merah yang memanjang menuju kuil utama ini merupakan titik yang paling sering diabadikan oleh para wisatawan.

Walaupun gerbangnya jauh lebih terkenal, kuil Fushimi Inari Taisha sendiri memiliki arsitektur yang indah. Bangunannya bergaya tradisional Jepang dan dicat serba merah seperti torii di depannya. Hampir setiap sudut area kuil memiliki pemandangan yang fotogenik. Sementara gerbangnya yang terdiri dari dua lantai konon dibangun oleh Toyotomi Hideyoshi, salah satu dari tiga tokoh sejarah pendiri Jepang.

2 dari 3 halaman

Rubah-Rubah Penjaga Kuil

fushimi inari taisha

©Pixabay

Selain bangunan dan gerbangnya yang berwarna merah darah, Fushimi Inari Taisha juga identik dengan rubah. Pasalnya, di sekeliling area kuil diletakkan banyak patung kitsune (rubah) dalam berbagai ukuran. Kitsune dianggap sebagai hewan utusan Inari, karena itulah patung hewan ini sangat sering ditemui di kuil-kuil Inari.

Ciri khas patung-patung kitsune di Fushimi Inari Taisha adalah batang padi di mulut mereka. Selain patung, kitsune juga bisa ditemukan di kuil dalam bentuk boneka dan jimat. Para pengunjung bahkan bisa membeli suvenir berbentuk kitsune mungil di sana.

3 dari 3 halaman

Tempat Memuja Dewa Padi Inari

fushimi inari taisha

©Pixabay

Menurut Japan-Guide.com, kuil yang terletak di Kyoto, distrik Fushimi ini merupakan tempat pemujaan bagi Inari Okami, dewa padi yang dipuja warga Jepang sebagai dewa pelindung perdagangan. Para pengusaha dan pedagang biasa berdoa di tempat ini untuk memohon berkah dalam bisnis yang sedang mereka jalankan.

Kuil yang sangat disegani pada zaman Heian ini selalu ramai didatangi peziarah setiap tahunnya. Setiap tahun baru jutaan orang berdoa di kuil ini. Tak hanya para pengusaha dan pedagang saja, tetapi semua orang yang bermaksud mencari keberuntungan di tahun yang baru. Berkat popularitas torii-nya, sekarang kuil ini bertambah padat pengunjung. Semakin banyak wisatawan asing yang berdatangan ke sana untuk menyaksikan dan mengabadikan keindahannya. [tsr]

Baca juga:
Keindahan Misterius Dark Hedges, Jalan Berhantu yang Jadi Lokasi Game of Thrones
Pohon Jambu Monyet Terbesar di Dunia, Mengakar dan Bercabang sampai Jadi Hutan Mini
Mengintip Penampakan Penjara Terkecil di Dunia
Cerita Negeri Belanda yang Tak Mau Disebut Holland Lagi Gara-Gara Turis Asing

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini