Equihen Plage, keunikan desa perahu-perahu terbalik di Prancis

Rabu, 22 November 2017 15:49 Reporter : Tantri Setyorini
Equihen Plage, keunikan desa perahu-perahu terbalik di Prancis Equihen Plage, desa perahu-perahu terbalik di Prancis. © Reddit

Merdeka.com - Equihen Plage yang berada di pantai utara Prancis adalah sebuah desa di tepi pantai yang indah. Sebenarnya tak banyak pemandangan alam yang bisa ditawarkan oleh pemukiman bekas desa nelayan ini. Namun di sini ada rumah-rumah unik yang terbuat dari perahu terbalik. Inilah daya tarik utama Equihen Plage.

Quilles en l'air, nama rumah-rumah tersebut berfungsi sebagai akomodasi liburan yang unik bagi para pelancong. Dulunya merupakan tempat tinggal warga, dibuat dari kapal yang diseret hingga ke daratan. Lambung kapal disulap menjadi atap dan dilapisi aspal agar tidak mudah bocor. Ditambahkan pula pintu untuk memudahkan akses ke dalam rumah. Biasanya dapur dan kamar tidur tidak bersekat, karena perahu seperti ini memang cuma memiliki satu ruangan.

Equihen Plage, desa perahu-perahu terbalik di Prancis © Reddit

Equihen Plage, desa perahu-perahu terbalik di Prancis © Joel Herbez

Equihen Plage, desa perahu-perahu terbalik di Prancis © Wikimedia Commons/Bertrand Hodicq

Selama masa Perang Dunia II, hampir semua rumah perahu di Equihen Plage hancur. Namun pada tahun 1990-an, desa tersebut memutuskan untuk menghidupkan kembali warisan budaya mereka. Rumah-rumah perahu yang baru didirikan dan kini dilengkapi dengan fasilitas yang lebih modern untuk menarik perhatian wisatawan.

Dengan harga mulai dari 300 Euro, rumah-rumah perahu di Equihen Plage sudah bisa disewa. Dan rupanya cukup banyak pelancong yang berminat. [tsr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini