Efektifkah Tekan Penyebaran Covid-19 Dengan Pangkas Libur Panjang?

Senin, 30 November 2020 13:41 Reporter : Dwi Zain Musofa
Efektifkah Tekan Penyebaran Covid-19 Dengan Pangkas Libur Panjang? Ilustrasi liburan. ©2015 Merdeka.com/Angeline Agustine

Merdeka.com - Adanya kenaikan jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia jelang akhir tahun membuat pemerintah terus menggodok aturan pemangkasan libur panjang akhir tahun 2020. Apakah kebijakan tersebut bakal efektif nantinya?

Sebenarnya poin utama dalam penekanan jumlah pasien terpapar Covid-19 adalah kedisiplinan masyarakat. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Media dan Publikasi PHRI Kerawang, Dinah Puja Astuti.

Ia menilai dipangkas atau tidak jatah libur akhir tahun tak akan memengaruhi minat masyarakat untuk berwisata. Hanya saja, dengan libur akhir tahun yang dipersingkat, preferensi masyarakat berubah dari rencana perjalanan jauh menjadi lokasi-lokasi wisata yang cepat dijangkau.

Selain itu, Dinah juga menyebut jika perilaku masyarakat lebih sulit dikendalikan dibanding pengelola destinasi wisata ataupun para pelaku usaha wisata seperti perhotelan dan restoran.

"Kami (perhotelan dan restoran) sudah lakukan CHSE, tapi yang datang ini kan kami tidak tahu. Kalau dari sisi kami, kami mengikuti ketentuan dari pemerintah, tetap dimonitor lewat pengawasan. Cuma penekanan penyebaran Covid-19 itu pada masyarakat itu sendiri, apalagi kalau mereka bukan ke hotel, seperti ke pantai dan yang lainnya," kata Dinah pada Liputan6.com, Jumat, 27 November 2020.

Kalau pun jatah libur akhir tahun diputuskan dipersingkat oleh pemerintah, ia mengatakan okupansi hotel pada waktu-waktu tersebut tidak akan terlalu berpengaruh. Melihat pengalaman sebelumnya, masyarakat bisa jadi mengambil jatah cuti yang ada untuk memenuhi kebutuhan dalam berlibur.

"Polanya mungkin akan sedikit turun (yang berwisata), tetapi trennya sama. Tanpa ada cuti bersama, mereka akan ambil cuti yang jadi haknya dia," sebutnya.

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan akhir tahun, Dinah juga menganjurkan untuk memilih format staycation yang lebih aman dan mudah untuk menerapkan protokol kesehatan.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Dinny Mutiah [dzm]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Merdeka Lawan Covid 19
  3. Libur Panjang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini