Dukung Tumbuh Kembangnya, Ini 4 Tanda Kucingmu Sudah Makan dengan Tepat

Selasa, 13 April 2021 13:11 Reporter : Jeffreydien Winanda
Dukung Tumbuh Kembangnya, Ini 4 Tanda Kucingmu Sudah Makan dengan Tepat Dukung Tumbuh Kembangnya, Ini 4 Tanda Kucingmu Sudah Makan dengan Tepat. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Tak sedikit pemilik kucing yang bertanya-tanya apakah sudah memberi makan hewan peliharaanmu dengan makanan yang tepat. Berbekal review dari sesama cat lover, rekomendasi dokter hewan, hingga membaca label makanan hewan, nyatanya jawabannya ada pada kesehatan, penampilan, dan perilaku anabulmu sendiri.

Bulu Halus dan Berkilau

dukung tumbuh kembangnya ini 4 tanda kucingmu sudah makan dengan tepat
©2021 Shutterstock

Kusut dan kulit yang kering bisa menjadi tanda kucing yang kekurangan protein. Bulu yang sehat dan indah bergantung pada kadar protein yang cukup. Pastikan memberikan makanan dengan kadar protein yang tepat, setidaknya 30 persen pada dry food dan 8 persen pada wet food.

Gigi dan Gusi

dukung tumbuh kembangnya ini 4 tanda kucingmu sudah makan dengan tepat
©2021 Shutterstock

Kesehatan gigi yang baik tidak hanya terlihat dari gigi yang kuat dan putih, tapi yang lebih penting adalah gusi berwarna merah muda. Amati kondisinya yang lembap, menutupi akar gigi, tanpa pendarahan, atau jaringan gusi yang berlebih. Selain memberikan makanan kering yang dapat membantu menjaga kebersihan giginya, juga lakukan pemeriksaan minimal sekali dalam sebulan.

Pencernaan dan Hairball

dukung tumbuh kembangnya ini 4 tanda kucingmu sudah makan dengan tepat
©2021 Shutterstock

Saatnya mengamati litterbox-nya untuk memahami kesehatan pencernaannya, misalnya kotoran yang lembap dan tidak berbau menyengat. Jika terlalu kering, bisa jadi mengalami dehidrasi dan bisa diatasi dengan menambahkan air ke makanan kucing serta menawarkan mangkuk berisi air segar. Sebaliknya, apabila kotorannya terlalu lunak, segera bawa kucing ke dokter hewan yang bisa jadi dipicu masalah pencernaan, alergi makanan, hingga infeksi.

Untuk kucing berbulu panjang yang rentan mengalami hairball, penting untuk memerhatikan pola makannya. Cari yang menawarkan serat yang membantu mendorong keluarnya bulu-bulu yang tertelan. Selain itu, pola makan yang sehat juga berarti dapat meminimalkan kerontokan bulu.

Berat Badan yang Sehat

dukung tumbuh kembangnya ini 4 tanda kucingmu sudah makan dengan tepat
©2021 Shutterstock

Bulu kucing yang tebal dan mengembang bisa bikin pemiliknya kesulitan untuk menentukan apakah hewan peliharaannya mengalami kelebihan atau kekurangan berat badan. Saat membelai atau memandikannya, tukang rusuknya masih bisa dirasakan tapi tidak terlalu menonjol.

Selain itu, bentuk tubuhnya terlihat seperti jam pasir jika dilihat dari atas. Untuk mempertahankan berat badan yang sehat, miliki jadwal dan porsi makan yang tepat sesuai dengan kebutuhan nutrisi anabul.

muezza makanan kucing halal
©2020 Muezza

Kalau kucingmu menunjukkan tanda-tanda di atas, maka anabulmu selama ini menikmati makanan yang diberikan untuk tetap berenergi, ceria, dan aktif. Bijak pilih cat food yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hewan peliharaanmu seperti Muezza. Dibuat dari bahan-bahan alami yang bebas bahan tambahan sintetik, brand makanan kucing kering ini membantu menjaga kucing tetap sehat dan aktif.

Bukan hanya baik bagi kucing, Muezza juga sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Kini, pemilik anabul bisa lebih leluasa membelai kucing, memberikan makanan secara langsung, menemukan lokasi penyimpanan, hingga mencuci peralatan makanan di tempat cuci piring. Tersedia dalam 4 varian rasa yang cocok di lidah kucing, temukan semua variannya dan pesan sekarang juga di Shopee maupun Tokopedia. (eth)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [jfw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini