Dikenal sebagai Raja Buah, Inilah 4 Manfaat Baik dari Durian untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 26 November 2022 20:16 Reporter : Gloria Ary
Dikenal sebagai Raja Buah, Inilah 4 Manfaat Baik dari Durian untuk Kesehatan Tubuh Dikenal sebagai Raja Buah, Inilah 4 Manfaat Baik dari Durian untuk Kesehatan Tubuh. ©Shutterstock

Merdeka.com - Sebagai raja buah, durian sudah terkenal akan rasanya yang begitu lezat dan bikin nagih. Bahkan, makanan yang satu ini sudah bisa ditemukan di banyak negara dari seluruh belahan dunia. Teksturnya yang lembut dan sangat manis ketika masuk ke mulut, membuat buah berduri ini begitu diminati oleh orang-orang.

Meski begitu, ada pula beberapa orang enggan dan bahkan tak bisa mencicipi buah yang satu ini karena aromanya yang menyengat. Padahal, durian sendiri memiliki sejumlah nutrisi yang sangat baik jika dikonsumsi. Tak hanya tinggi vitamin, buah ini juga mengandung beberapa mineral yang sangat menyehatkan. Lantas, apa saja sih manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah durian? Simak berikut ini.

1. Sebagai Sumber Antioksidan

dikenal sebagai raja buah inilah 4 manfaat baik dari durian untuk kesehatan tubuh
©Shutterstock

Di dalam daging durian, terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan ini memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh dari ancaman radikal bebas. Zat berbahaya ini merupakan salah satu penyebab kanker. Karena itulah, durian sangat baik sebagai makanan sehat yang mampu mencegah penyakit berbahaya tersebut.

Selain itu, durian juga mampu menghambat penuaan dini berkat adanya antioksidan ini. Senyawa ini memiliki kemampuan yang bagus untuk memperbaiki kulit yang rusak dan menjaganya agar tetap glowing. Sehingga, keriput dan noda hitam yang ada di permukaan kulit pun bisa berkurang dan membuatmu jadi lebih muda.

2. Mampu Meningkatkan Imunitas Tubuh

dikenal sebagai raja buah inilah 4 manfaat baik dari durian untuk kesehatan tubuh
©Shutterstock

Vitamin C yang melimpah pada buah ini, ternyata bisa menjadi ‘senjata’ yang ampuh dalam meningkatkan imunitas tubuh. Sistem kekebalan tubuh adalah pondasi yang penting bagi tubuh manusia. Selain bekerja sebagai penangkal mikroba, sistem ini juga akan menjaga badan kamu agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Jadi, bila kamu ingin imunitas tubuh jadi lebih baik, maka buah durian ini bisa menjadi salah satu solusinya. Apalagi, saat ini cuaca sering tak mendukung, yang mengakibatkan tubuh gampang terserang penyakit. Untuk itu, tak masalah bukan bila sekali-kali menikmati manfaat baik raja buah yang satu ini.

3. Memperkuat Sendi dan Tulang

dikenal sebagai raja buah inilah 4 manfaat baik dari durian untuk kesehatan tubuh
©Shutterstock

Buah durian dinilai pula dapat memperkuat sendi dan tulang manusia. Pasalnya, buah tersebut memiliki beragam jenis mineral, seperti magnesium, kalsium dan potasium. Menurut sejumlah penelitian, ketiga mineral ini mampu membuat kondisi sendi dan tulang jadi semakin sehat.

Kurangnya ketiga jenis mineral ini di dalam tubuh, bisa menyebabkan kerapuhan tulang atau dalam bahasa medisnya osteoporosis. Oleh karena itu, kamu boleh banget lho menjadikan durian ini sebagai cemilan untuk menemani hari-hari mu. Selain bisa menguatkan tulang, kamu pun bisa terhindar dari nyeri sendi di beberapa bagian tubuh.

4. Melancarkan Pencernaan

dikenal sebagai raja buah inilah 4 manfaat baik dari durian untuk kesehatan tubuh
©Shutterstock

Sama seperti kebanyakan buah lainnya, durian juga memiliki serat yang tinggi di dalamnya. Jumlah serat yang tepat, mampu membuat proses buang air jadi semakin lancar. Sehingga, sistem pencernaan pun bisa lebih sehat dan berfungsi dengan sempurna.

Kandungan serta pada durian juga mampu merangsang gerakan peristaltik pada sistem pencernaan. Adanya gerakan ini, diyakini dapat mengatasi berbagai masalah perut yang terjadi. Di antaranya perut kembung, kram perut, dan bahkan sakit perut yang melilit.

Itulah beberapa manfaat baik yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah durian. Meski memiliki segudang kebaikan, namun tetap batasi juga ya jumlahnya. Karena bila berlebihan, maka yang ada bikin tubuh jadi tak sehat dan bisa-bisa bermasalah. Semoga bermanfaat.

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Initiative Content
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini