Di tangan seniman Cirebon ini, batang korek jadi manusia mini nan unik

Jumat, 27 Juli 2018 11:03 Reporter : Tantri Setyorini
Di tangan seniman Cirebon ini, batang korek jadi manusia mini nan unik Kerajinan korek api. ©Instagram/bangkorek

Merdeka.com - Zaman sekarang siapa yang masih memakai korek kayu untuk menyalakan api? Tampaknya pemantik api gas jauh lebih umum digunakan sekarang ini. Tetapi di tangan seorang sineman asal Cirebon, batang korek api kembali bernilai.

Mukhamad Ikhwan punya tangan sepasang tangan kreatif dan mata jeli untuk membuat rangkaian korek api jadi sebuah karya seni yang unik. Dengan menjalin batang korek menjadi patung-patung mungil, Ikhwan telah menciptakan ciri khas tersendiri di Instagram. Patung kemudian diberi latar detail, diatur dengan pose sedemikian rupa, dan dipotret. Tinggal tambahkan caption menyentil, hasil akhirnya adalah miniatur kisah yang menghibur banyak orang.

Kerajinan korek api karya Mukhamad Ikhwan ©Instagram/bangkorek2


Mukhamad Ikhwan atau Bang Korek saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (24/7) mengatakan, karya seni membuat figur yang bercerita dari korek api awalnya muncul dari hobi fotografinya. Keinginan memotret objek berbeda dari kebanyakan orang mendorongnya menciptakan figur sendiri dari korek api.

Kerajinan korek api ©Instagram/bangkorek

Kerajinan korek api ©Instagram/bangkorek


"Awalnya saya bikin dari kertas, saya buat seperti figur manusia, ternyata susah juga ya bikinnya. Terus saya coba buat dari batang korek, terus saya upload di medsos, ternyata banyak respon positif dari warganet. Dari sinilah saya jadi tertarik menggeluti motret figur yang saya beri nama 'bang korek'," ungkap Ikhwan.

Terjual sampai ratusan ribu rupiah

Lebih jauh dirinya menceritakan, untuk membuat satu minatur rumah lengkap dengan figur manusia dari batang korek api dibutuhkan waktu sekitar 30 menit. Selain batang korek, bahan lain yang diperlukan antara lain benang, kawat, lem, dan tang.

"Kalau ide cerita biasanya saya cuma lihat dari kehidupan sehari-hari saja, yang ada di sekitar saya," ungkap Ikhwan.

Kerajinan korek api karya Mukhamad Ikhwan ©Instagram/bangkorek2

Kerajinan korek api ©Instagram/bangkorek


Ikhwan mengakui, satu karya miniatur korek api dijual dengan harga berkisar antara Rp 50 ribu sampai ratusan ribu rupiah, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan proses pembuatannya. Sempat vakum dari transaksi jual beli karya karena rutinitas kesibukannya, Ikhwan berencana akan menjual karya-karyanya lagi.

"Sempat kepikiran juga mau bikin pameran tunggal, tapi belum kesampaian," ungkap Ikhwan.

Harapan sederhana Bang Korek

Kerajinan korek api karya Mukhamad Ikhwan ©Instagram/bangkorek2


Ikhwan berharap ke depan karya-karyanya bisa diterima di masyarakat yang lebih luas. Dia juga ingin membuat inovasi baru dalam berkarya. Inovasi yang bisa menghibur khalayak tentunya. Misalnya saja dengan menggunakan animasi.

Bagi Anda yang masih belum familiar dengan karya-karya Mukhamad Ikhwan alias Bang Korek, silakan menikmati foto-foto yang dia unggah di laman Instagram @bangkorek dan @bangkorek2.

Reporter: Ahmad Ibo
Sumber: Liputan6.com [tsr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini