Dampak Buruk yang Bisa Dihasilkan dari FWB Alias Friends With Benefit, Apa Saja Ya?

Sabtu, 26 November 2022 23:09 Reporter : Gloria Ary
Dampak Buruk yang Bisa Dihasilkan dari FWB Alias Friends With Benefit, Apa Saja Ya? Dampak Buruk yang Bisa Dihasilkan dari FWB Alias Friends With Benefit, Apa Saja Ya?. ©Shutterstock

Merdeka.com - Mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan istilah FWB atau friends with benefit. FWB sendiri merupakan kondisi di mana dua orang teman menjalani hubungan yang lebih dari seharusnya. Terkadang mereka memanfaatkan keberadaan satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan masih-masing. Namun, hal tersebut berdasarkan atas keinginan sendiri dan bukan dipaksakan.

Fenomena FWB ini sudah sering terjadi terhadap anak muda di zaman sekarang. Meski begitu, mereka kurang menyadari sederet bahaya dan dampak buruk yang ada di balik aktivitas ini. Lantas, apa saja itu?

1. Memberikan Pengaruh Tak Baik bagi Mental

dampak buruk yang bisa dihasilkan dari fwb alias friends with benefit apa saja ya
©Shutterstock

FWB yang dilakukan biasanya dapat berdampak pada mental para pelakunya, baik itu laki-laki maupun perempuan. Ini bisa terjadi mengingat FWB sendiri merupakan hubungan yang dijalin tanpa ada perasaan di dalamnya. Hubungan ini juga penuh ketidakpastian yang membuat pihak yang melakukannya merasa tak nyaman satu sama lain. Karena inilah, banyak dari mereka yang berakhir stress, rendah diri, bahkan ada yang mengalami krisis kepercayaan.

Hubungan FWB sebenarnya didasarkan pada kesenangan saja dan berlangsung dalam waktu yang relatif singkat. Ini tentu saja tak terlepas dari faktor keuntungan yang ingin diambil dari masih-masih individu yang terlibat. Jika tak terpenuhi, maka bisa saja timbul rasa kecewa, sedih, dan berakhir depresi.

2. Meningkatkan Risiko Penyakit Menular Seksual

dampak buruk yang bisa dihasilkan dari fwb alias friends with benefit apa saja ya
©Shutterstock

Hubungan FWB tak jauh-jauh juga dari urusan seksual. Karena itu, banyak yang menyebutkan para pelaku FWB ini dengan istilah ‘sex buddy’. Namun, melakukan hal ini dinilai sangat berbahaya karena bisa meningkatkan risiko penularan penyakit menular seksual.

Perlu diketahui, bahwa sebagian yang menjalani hubungan ini cenderung melakukan aktivitas bercinta tanpa alat kontrasepsi yang telah dianjurkan oleh para dokter. Mereka lebih mengutamakan kepercayaan satu sama lain dan mengabaikan kesehatan tubuh sendiri. Makanya tak jarang, ada beberapa di antara mereka yang tak luput dari penyakit berbahaya seksual, seperti HIV, gonore, sipilis, dan sebagainya.

3. Kemungkinan dapat Merusak Pertemanan

dampak buruk yang bisa dihasilkan dari fwb alias friends with benefit apa saja ya
©Shutterstock

Namanya juga FWB, sudah pasti hubungan ini dilakukan oleh dua orang teman atau lebih. Sayangnya, menjalani jalinan yang seperti ini bisa berisiko merusak pertemanan yang sudah dimiliki dari waktu sebelumnya. Alih-alih berkencan, kedua pihak lebih memilih untuk tetap menjadi teman meskipun memiliki perasaan sayang atau cinta.

Sebagai akibat dari hal tersebut, hubungan mereka akan menjadi lebih canggung. Apalagi bila kedua pihak sudah memiliki kekasih masing-masing, namun tetap menjalani FWB ini. Maka, kejadian seperti rusaknya pertemanan pun bisa jadi tak dapat dihindari.

Demikian sederet dampak buruk yang dapat terjadi di dalam hubungan FWB. setelah membaca informasi di atas, ada baiknya bila tak memulai apalagi meneruskan jalinan seperti ini. Tak hanya bisa merugikan diri sendiri, FWB ini faktanya juga akan memberikan pengaruh tak baik pada orang lain juga. Semoga bermanfaat.

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Initiative Content
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini