Daftar Peraturan Terbaru untuk Berwisata di Gunungkidul Selama PSTKM

Rabu, 27 Januari 2021 23:06 Reporter : Tantri Setyorini
Daftar Peraturan Terbaru untuk Berwisata di Gunungkidul Selama PSTKM Objek wisata Gunungkidul. ©Pixabay/aditya_wicak

Merdeka.com - Kebijakan Pembatasan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PSTKM) di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, resmi diperpanjang sejak tanggal 26 Januari 2021 sampai 8 Februari 2021 mendatang. Sederet aturan baru pun disosialisasikan menyusul keputusan tersebut.

Berdasarkan unggahan akun Instagram Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul (26/1/2021), setidaknya ada beberapa poin yang perlu diperhatikan. Termasuk soal penyelenggaraan pariwisata di wilayah tersebut.

Merujuk pada Instruksi Bupati Gunungkidul No.443/0339 tentang Perpanjangan Kebijakan Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat di Kabupaten Gunungkidul untuk Pengendalian Covid-19. Tempat wisata maupun rekreasi ada di poin 'e'.

Pertama, pengunjung tempat wisata/rekreasi dan tempat hiburan dibatasi paling banyak 50 persen dari kapasitas. Kemudian, operasional destinasi wisata dan usaha jasa pariwisata dibatasi pukul 03.00 sampai 20.00 WIB.

Walaupun PTKM diperpanjang, jam operasional tempat wisata sebenarnya juga ikut diperpanjang. Tadinya tempat wisata hanya diizinkan beroperasi sampai pukul 18.00 WIB. Selain itu, tak ada lagi syarat menunjukkan hasil negatif uji rapid test antigen bagi wisatawan dari luar Yogyakarta.

Instruksi tersebut juga menekankan pengetatan protokol kesehatan. Termasuk di dalamnya untuk menggunakan masker yang baik dan benar, mencuci tangan dengan sabun maupun hand sanitizer, menjaga jarak, serta mencegah terjadinya kerumunan yang berpotensi menimbulkan penularan.

Baca Selanjutnya: Perpanjangan PSTKM Gunungkidul...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini